Mohon tunggu...
KKNK 74 Sruni
KKNK 74 Sruni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Kolaboratif 13 Perguruan Tinggi

Laman ini berisi tentang informasi-informasi Desa Sruni Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Kolaboratif Kabupaten Jember: Wanita Hebat di Balik Home Industri Opak Desa Sruni sebagai Solusi Gejolak Ekonomi Saat Pandemi Covid-19

4 Agustus 2022   10:03 Diperbarui: 4 Agustus 2022   10:09 95 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kunjungan Mahasiswa KKNK 74 Ke Rumah Produksi Opak Singkong (Dokpri)

KKN merupakan kegiatan kuliah kerja nyata, dimana para mahasiswa  wajib menempuh kegiatan tersebut pada pertengahan semester akhir. Mahasiswa sebagai calon sarjana diharapkan dapat memanfaatkan sebagian waktu belajarnya untuk menyumbangkan pengetahuan dan ilmu yang mereka peroleh guna  membantu dalam pelaksanakan pembangunan dalam kehidupan masyarakat. Selanjutnya  mahasiswa diharapkan akan memperoleh pengalaman hidup bermasyarakat serta dapat mengembangkan dan menerapkan pengetahuan akademik.

Mahasiswa Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaboratif dari 13 Perguruan Tinggi Se-Kabupaten Jember, Tahun 2022 menjalankan program kewirausahaan berbasis TIK di Dusun Darungan Desa Sruni, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember.

Pada kesempatan kali ini, Kelompok KKN Kolaboratif 74 ingin memperkenalkan salah satu produksi UMKM dari Dusun Darungan yaitu kerupuk opak yang berbahan dasar dari singkong.

Mahasiswa memulai survey dimulai dari Dusun Darungan yang didampingi oleh ibu Kepala Dusun, beliau menyatakan bahwa terdapat banyak potensi UMKM desa yang belum mendapat cukup perhatian untuk perluasan distribusi produk. Oleh karena itu, Kelompok KKN 74 diarahkan untuk menemui salah satu pendiri UMKM  yaitu Mbah Rupiah dan satu kerabat yang membantu  yang telah mewarisi usaha pengolahan opak singkong yang sudah turun temurun hingga saat ini.

Desa Sruni merupakan suatu desa yang terletak di Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Memiliki luas wilayah kurang lebih 719,50 Ha, terdiri dari 4 dusun yaitu dusun: Krajan, Karang Kokap, Leces, Darungan. Setiap dusun tersebut memiliki banyak potensi UMKM yang tersebar, salah satunya Dusun Darungan.

Proses Pembuatan Opak Singkong Di Desa Sruni (Dokpri)
Proses Pembuatan Opak Singkong Di Desa Sruni (Dokpri)

Mahasiswa KKN Kelompok 74 mewawancarai kedua wanita tersebut. Kami mendapatkan pengalaman serta ilmu dalam pengolahan opak singkong tersebut. Beliau mengatakan usaha opak ini sangat menguntungkan, karena dapat membantu perekonomian saat terdampak covid di awal tahun 2020.  Mbah rupiah menyatakan bahwa "Dalam mencari rezeki dapat melalui berbagai cara, salah satunya adalah berbisnis, namun dalam prosesnya dibutuhkan fokus, sabar, dan juga tekun dalam seluruh proses yang dijalani.

Proses Pengeringan Opak Singkong (Dokpri)
Proses Pengeringan Opak Singkong (Dokpri)

Usaha opak singkong laris terjual di pasaran, namun proses produksi yang masih dilakukan secara manual membuat produk yang di hasilkan sangat terbatas, selain itu kurangnya perhatian sehingga distribusi produk tidak menyebar dengan luas. Output yang di hasilkan dari program ini adalah produksi opak singkong di Dusun Darungan Desa Sruni, diharapkan dapat dipasarkan hingga keluar desa guna meningkatkan ekonomi dan kemandirian  warga sehingga mampu memberikan dampak positif bagi sekitar wilayah tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan