Mohon tunggu...
KKN Jedong2021
KKN Jedong2021 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UM

KKN Reguler Model Blok Semester Antara 2021 Universitas Negeri Malang Desa Jedong, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pengadaan Media Pembelajaran "Papan Ajaib" oleh Tim KKN UM Desa Jedong

24 Juli 2021   09:16 Diperbarui: 24 Juli 2021   09:36 88 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengadaan Media Pembelajaran "Papan Ajaib" oleh Tim KKN UM Desa Jedong
Pemberian Media "Papan Ajaib" kepada Pihak SDN 1 Jedong. Foto kiri: Adinda-UM, Salsa-UM, dan Bu Endang-Guru SDN 1 Jedong. Sumber : Doc. Pribadi

Jedong -- Jumat (23/7), Tim KKN UM Desa Jedong 2021 memberikan media pembelajaran "Papan Ajaib" yang telah dikembangkan kepada SDN 1 Jedong. Tim mahasiswa KKN UM Desa Jedong 2021, yang diprakarsai oleh Salsa, dkk. mengembangkan media pembelajaran bernama "Papan Ajaib". Terinspirasi dari konsep permainan papan ular tangga, "Papan Ajaib" ini dikembangkan seperti permainan ular tangga raksasa.

"Papan Ajaib" ini dibuat dengan bahan banner dengan ukuran 2x2 m yang dilengkapi dengan dadu flanel, kartu mantra, dan panduan penggunaan. Dengan menambah aturan permainan dan alat berupa Kartu Mantra berisi soal-soal yang harus di jawab siswa, "Papan Ajaib" dapat dimanfaatkan guru sebagai alat evaluasi dalam pembelajaran.

Perwakilan Tim KKN UM Jedong 2021 menjelaskan cara bermain kepada Perwakilan Guru. Sumber : Doc. Pribadi
Perwakilan Tim KKN UM Jedong 2021 menjelaskan cara bermain kepada Perwakilan Guru. Sumber : Doc. Pribadi

Program pengabdian pengadaan media pembelajaran untuk SDN 1 Jedong ini diharapkan dapat bermanfaat dan berguna bagi guru untuk diiplementasikan dalam pembelajaran. "Saat sudah tidak pembelajaran daring lagi, bisa digunakan belajar bersama siswa supaya mereka senang saat kembali ke sekolah," ucap Bu Endang, guru SDN 1 Jedong.

Permainan papan sendiri memiliki banyak manfaat salah satunya untuk perkembangan kecerdasan anak. Dengan bermain "Papan Ajaib", anak akan diajak untuk belajar dengan cara yang menyenangkan. Sehingga anak mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna. (Sal)

Penulis : Salsa Islam Lazuardini

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN