Mohon tunggu...
KKN Jedong2021
KKN Jedong2021 Mohon Tunggu... Mahasiswa UM

KKN Reguler Model Blok Semester Antara 2021 Universitas Negeri Malang Desa Jedong, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa KKN UM Melakukan Pelatihan Senam Aerobik untuk Ibu-Ibu Kader Posyandu Desa Jedong

25 Juni 2021   21:17 Diperbarui: 25 Juni 2021   21:27 101 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UM Melakukan Pelatihan Senam Aerobik untuk Ibu-Ibu Kader Posyandu Desa Jedong
Kegiatan Pelaksanaan Senam Aerobik Untuk Ibu-Ibu Kader Posyandu Desa Jedong 2021/dokpri

Mahasiswa Universitas Negeri Malang yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Jedong, Kecamatan Wagiir, Kabupaten Malang membuat program kerja untuk menjaga kebugaran jasmani, meningkatkan kualitas hidup, meningkatkan imunitas tubuh dan lain sebagainya. Senam aerobik merupakan latihan yang menggabungkan berbagai gerak, berirama, teratur dan terarah serta pembawaannya yang menggembirakan arena didukung jenis musik yang riang. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari selasa (22/06/2021).

Senam adalah kegiatan utama yang paling bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak (motor ability). Jika dilihat dari taksonomi gerak umum, senam dapat secara lengkap diwakili oleh gerak-gerak dasar yang membangun pola gerak yang lengkap, dari mulai pola gerak lokomotor, non-lokomotor sampai ke manipulative. Senam aerobik mempunyai susunan latihan yang seimbang antara latihan upper body dan lower body. Untuk dapat menguasai gerakan yang seimbang diperlukan adanya berbagai keterampilan yang mendukung seperti kepekaan terhadap musik, kreatifitas gerak, kemampuan menggabungkan gerakan secara dinamis, dan harmonis serta beberapa pendukung materi yang lain. Dengan demikian senam aerobik adalah merupakan latihan yang menggerakkan seluruh otot, terutama otot besar dengan gerakan yang terus -- menerus (continous), berirama, maju dan berkelanjutan.

Dalam pelaksanaan program pelatihan senam aerobik untuk ibu-ibu kader Posyandu di Desa Jedong, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang berjalan dengan lancar yakni dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB di tempat Cafe Omah Ndeso yang berada di Jl. Raya Jedong, Perum Bmi, Jedong, Kec. Wagir. Dalam pelaksanaan program pelatihan senam aerobik dilakukan berbagai persiapan mulai dari yang mendasar hingga kompleks. Persiapan yang dilakukan yakni berkoordinasi dengan ketua Kader Posyandu desa Jedong, kemudian menyiapkan musik dan gerakan senam aerobik yang sesuai dengan sasaran kegiatan yakni ibu-ibu kader Posyandu. Setelah itu melakukan konsultasi dengan ketua Kader Posyandu Desa Jedong mengenai rencana yang sudah tersusun. Dalam pelaksanaan kegiatan yang menjadi instruktur senam adalah mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang. Kegiatan tersebut diikuti oleh 40 ibu-ibu kader Posyandu yang sangat antusias dalam mengikuti pelaksanaan program pelatihan senam aerobik di Desa Jedong, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang.

Hasil yang diharapkan dalam program kerja senam aerobik ini yaitu dapat menjaga kebugaran jasmani ibu-ibu di desa Jedong. Selain itu diharapkan setelah adanya kegiatan senam ini, ibu-ibu di desa Jedong  dapat melanjutkan kegiatan senam yang sudah dijalani selama ini. Sehingga kegiatan senam untuk ibu-ibu ini dapat terus berlanjut walaupun tidak ada lagi mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang yang melakukan pelatihan senam.

Penulis : Alissya Putri Salsabila & Ikhsan Aji Pradana

VIDEO PILIHAN