Mohon tunggu...
KKNDR11
KKNDR11 Mohon Tunggu... KELOMPOK KKNDR 11

MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA KKNDR 11

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Kedisiplinan Masyarakat terhadap Protokol Kesehatan pada Masa New Normal

15 Agustus 2020   15:35 Diperbarui: 15 Agustus 2020   15:41 10 0 1 Mohon Tunggu...

Saat Indonesia mulai menerapkan New Normal maka, secara bersamaan seluruh masyarakat diharapkan agar disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan sehingga penyebaran Covid-19 bisa dikendalikan.

Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya merupakan tanggung jawabnya. Pendisiplinan adalah usaha-usaha untuk menanamkan nilai ataupun pemaksaan agar subjek memiliki kemampuan untukmenaatisebuahperaturan.Dengan kata lain disiplin adalah patuh terhadap peraturan atau tunduk pada pengawasan dan pengendalian. Akan tetapi setelah apa yang kita rasakan bersama karena adanya wabah covid-19 yang sedang melanda dunia, membuat warga resah dan takut untuk menjalankan aktifitas seperti biasa.

Namun pada saat new normal pemerintah telah mengeluarkan kebijakan yang memperbolehkan masyarakat usia dibawah 45 tahun untuk kembali menjalankan aktifitasnya. Hal itu dilakukan untuk menjaga stabilitas ekonomi masyarakat, sebelumnya semua orang tanpa memandang kelas usia diminta untuk tetap tinggal di rumah demi memutus matarantai penyebaran virus corona yaitu singkatan dari covid- 19.

Untuk itu, kini sebagian masyarakat yang dipandang lebih aman terhadap resiko infeksi virus ini, diperkenankan untuk kembali bekerja dan melakukan aktivitasnya sekaligus dalam rangka menyambut new normal.

Menurut Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmita, new normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun harus disertai dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Rantai penyebaran virus corona harus segera dihentikan. Tak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah. Masyarakat juga berperan aktif untuk menghentikan transmisi Virus Corona. Caranya adalah menerapkan protokol kesehatan Covid-19

Protokol kesehatan Covid-19 yang utama adalah menjaga jarak dengan orang lain, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, serta menggunakan masker. Adapun beberapa pencegahan yang harus dilakukan oleh masyarakat ataupun pemerintah yaitu:

  • Sering cuci tangan pakai sabun
  • Gunakan masker bila batuk atau pilek
  • Konsumsi gizi seimbang perbanyak sayur dan buah
  • Hati- hati kontak dengan hewan
  • Rajin olahraga dan istirahat cukup
  • Jangan mengonsumsi daging yang tidak dimasak
  • Bila batuk, pilek dan sesak nafas segera kefasilitas kesehatan

Namun, pada kenyataannya masih banyak warga yang terlihat tidak mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker bahkan, di wilayah zona merah seperti Medan. Beberapa orang beralasan bahwa memakai masker membuatnya sesak nafas. Sehingga data yang ditunjukkan oleh Kementerian Kesehatan RI positif covid-19 semakin hari semakin meningkat.

Menteri Kesehatan menekankan bahwa hingga kini penularan covid-19 masih terjadi di tengah masyarakat. Untuk itu pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat agar terus disiplin menerapkan protokol kesehatan yang ada dengan selalu memakai masker, jaga jarak fisik dan cuci tangan pakai sabun. Dengan kedisiplinan bersama, ia meyakini bahwa pandemi Covid-19 segera berakhir. (Rokom, 2020)

Peningkatan angka kasus Covid-19 semakin terlihat. Hal ini membuat data dan angka dan kasus berubah tiap harinya. Untuk itu, penguatan maupun perbaikan sistem datapun terus diperhatikan agar mampu memberikan transfaransi informasi mengenai angka kasus Covid-19 kepada masyarakat.

Sebuah kedisiplinan berasal dari diri sendiri. Oleh karena itu, tanpa bantuan dan kerjasama kita bersama akan sangat sulit mewujudkan kehidupan normal seperti biasanya. Maka dari itu, kami ingin mengajak kepada seluruh masyarakat agar kiranya mematuhi protokol kesehatan selama masa new normal ini agar kita semua menjadi bagian dari pahlawan pencegah/ pemutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x