Mohon tunggu...
KKNDesaSumberJati
KKNDesaSumberJati Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN Desa Sumber Jati

KKN Pulang Kampung Desa Sumber Jati

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN UM Melakukan Pelatihan untuk Meningkatkan Kualitas SDM di Bidang Pembukuan dan Pemasaran

26 Juli 2021   19:49 Diperbarui: 26 Juli 2021   20:03 56 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mahasiswa KKN UM Melakukan Pelatihan untuk Meningkatkan Kualitas SDM di Bidang Pembukuan dan Pemasaran
pelatihan pembukuan produk umkm (Dokpri)

Lumajang, Sumberjati, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan sebuah cara atau terobosan dalam memenuhi kesejahteraan masyarakat utamanya dalam bidang perekonomian, yang dimana sektor perekonomian merupakan salah satu faktor terpenting dalam peningkatan pertumbuhan Negara. Produk UMKM yang dihasilkan masyarakat di Desa Sumberjati Kecamatan Tempeh mayoritas merupakan buatan sendiri (homemade) yang berskala rumahan dan dikerjakan oleh ibu-ibu atau bapak-bapak setempat. Pertumbuhan dan pengembangan UMKM yang ada pada Desa Sumberjati Kecamatan Tempeh khususnya yang diproduksi oleh Bapak Buang Suprapto banyak mengalami berbagai macam kendala sehingga kurang optimal. Salah satu contohnya adalah strategi pemasaran melalui media sosial yang kurang dimanfaatkan oleh masyarakat setempat. Ada satu alasan mengapa tidak menggunakan startegi tersebut, ialah kurangnya pemahaman iptek dari pihak terkait tersebut. Strategi pemasaran berbasis teknologi dapat menjadi kekuatan utama mendongkrak penjualan produk-produk tersebut. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan mangsa pasar sehingga meningkatkan omset dan laba penjualan produk melalui media social sebagai alat pemasaran produk UMKM.

Kemudian, pelaksanaannya palaku Usaha Mikro Kecil Menegah tersebut seringkali kesulitan dalam mengatur laporan keuangan dalam usahanya tersebut terlebih lagi apabila usaha tersebut dikembangkan di desa yang masyoritas masyarakatnya kurang menguasai tata cara pencatatan kuangan yang baik. Oleh karena itu pencatatan keuangan perlu dilakukan agar keberlangsungan UMKM tersebut dapat berjalan dengan baik. Tujuan dari kegiatan pelatihan pembukuan atau pencatatan keuangan adalah agar masyarakat dapat mengerti dan mengetahui mengenai tata cara pencatatan keuangan yang sesuai dengan standar yang ada, sehingga proses keuangan dalam perusahaan dapat tercatat dengan baik. Metode kegiatan ini terbagi menjadi tiga tahap yakni persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Diharapkan dari adanya kegiatan pelatihan pembukuan ini masyarakat dapat menerapkannya dalam mengelola usahanya utamanya bagi pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sehingga dapat mengetahui seluruh aktivitas keuangan yang terjadi di dalam bisnis usaha yang dijalankan.

pelatihan pemasaran melalui media sosial bagi umkm (dokpri)
pelatihan pemasaran melalui media sosial bagi umkm (dokpri)

arsip kkn (dokpri)
arsip kkn (dokpri)
Pelaksanaan Pelatihan Pemasaran melalui media sosial dan Pelatihan Pembukuan Bagi Pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Desa Sumberjati, Kecamatan Tempeh dilakukan pada tanggal 09 Juli 2021, pukul 08.00 -- 11.00, bertempat di Rumah Bapak Buang Suprapto, selaku pemilik UMKM cobek batu. Tidak lupa, para mahasiswa tetap menjaga protokol kesehatan. Dalam program ini menggunakan pendekatan pelatihan dan observasi secara langsung kepada pelaku UMKM yang ada di desa Sumberjati. Kelompok sasaran yang dipilih ialah masyarakat Desa Sumberjati khusunya yang memiliki Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sehingga kegiatan pelatihan yang dilakukan akan lebih terfokus karena masyarakat akan mengetahui pentingnya strategi pemasaran lewat media sosial dan melakukan tata cara pencatatan keuangan atau pembukuan yang sesuai dengan standar yang ada. Kendala dari pelaksaan program pelatihan pembukuan ini yaitu adanya PPKM Darurat yang diberlakukan oleh pemerintah, sehingga kami tidak dapat melakukan pelatihan pembukuan kepada seluruh masyarakat dan pelaku UMKM yang ada di sumberjati. Tidak hanya itu karena pemberlakuan PPKM Darurat ini mengubah beberapa rencana kegiatan yang telah kami susun.

Dengan adanya kegiatan ini membantu para pemilik usaha mikro kecil menengah (UMKM) mengenai pentingnya media social untuk mempromosikan dan memperkenalkan sebuah merek dagang dengan menggunakan media digital. Selepas itu juga, mengedukasi pentingnya melakukan pencatatan keuangan, program ini membantu pemilik usaha melakukan pencatatan keuangan secara baik dan benar. Dengan begitu proses pemasaran di UMKM yang dimiliki menjadi lebih luas dan relevan sehingga dapat memudahkan pemiliki usaha dalam melalukan pemasaran produk dan membantu pemilik usaha mengetahui keadaan keuangan usaha, tidak hanya itu mereka juga akan lebih mudah untuk melakukan pengambilan keputusan atau mengatur strategi yang cocok untuk meningkatkan laba dari usaha mereka.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan