Mohon tunggu...
KKN UM Desa Sumberagung 2021
KKN UM Desa Sumberagung 2021 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa KKN UM Desa Sumberagung

KKN Universitas Negeri Malang Desa Sumberagung, Kec. Gandusari, Kab. Blitar 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pemanfaatan Media Sosial sebagai Strategi Pengembangan UMKM Bunga Stocking di Desa Sumberagung di Masa Pandemi

29 Juli 2021   21:46 Diperbarui: 29 Juli 2021   22:27 44 1 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pemanfaatan Media Sosial sebagai Strategi Pengembangan UMKM Bunga Stocking di Desa Sumberagung di Masa Pandemi
Foto bersama pemilik UMKM (dokpri)

Sumberagung, BlitarDi kabupaten Blitar terdapat banyak UMKM salah satunya adalah UMKM bunga stocking yang terletak di Sumberagung, Gandusari, UMKM ini mengolah stocking menjadi bunga hias pajangan, bunga stocking ini memiliki banyak peminat karena selain harganya yang murah bunga stocking memiliki keunikan tersendiri, bunga stocking juga dapat dipesan sesuai dengan request pembeli, masalah yang dialami UMKM ini yaitu sedikitnya penjualan dikarenakan pasar yang kurang luas dan promosi yang kurang menarik. Selain kurangnya promosi , pandemi juga mempengaruhi dalam penjualan produk UMKM ini, pembeli sekarang cenderung membeli barang dengan sistem online, dikarenakan masyarakat sekarang cenderung menghindari kerumuman, begitu juga saat belanja, maka dari itu dengan adanya foto katalog dan video promosi, serta pembuatan akun Instagram ini bertujuan untuk memperkenalkan UMKM bunga stocking ke pasar yang lebih luas serta memaksimalkan penjualan produk UMKM bunga stocking ini secara online.

Foto produk UMKM bunga stocking (dokpri)
Foto produk UMKM bunga stocking (dokpri)

Platform media sosial berperan penting dalam memasarkan produk UMKM bunga stocking di masa pandemi COVID-19. Pelaku UMKM bunga stocking belum mengoptimalkan pemasaran produk UMKM melalui media sosial. Sebelumnya, pelaku UMKM bunga stocking tersebut sudah menggunakan media sosial untuk pemasaran namun masih dalam skala yang kecil dan belum terorganisir dengan baik. Uji coba optimalisasi pemanfaatan sosial media sebagai sarana pemasaran produk yang baik bagi pelaku UMKM bunga stocking di Desa Sumberagung dapat menaikkan angka penjualan produk UMKM, dan menjangkau konsumen dengan skala se-Kabupaten Blitar dan luar wilayah Kabupaten Blitar. Pemanfaatan sosial media sebagai sarana penunjang yang efektif bagi berjalanya UMKM di masa pandemi COVID-19 sebab pelaku UMKM bunga stocking tersebut masih dapat menjalankan kegiatan usahanya dengan tetap mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan.

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan