Mohon tunggu...
KKN UM Desa Sumberagung 2021
KKN UM Desa Sumberagung 2021 Mohon Tunggu... Mahasiswa KKN UM Desa Sumberagung

KKN Universitas Negeri Malang Desa Sumberagung, Kec. Gandusari, Kab. Blitar 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Upaya Pengembangan Potensi Wisata Candi Sumberagung oleh Mahasiswa KKN UM Pulang Kampung Blitar 2021

22 Juli 2021   22:25 Diperbarui: 22 Juli 2021   22:36 56 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Upaya Pengembangan Potensi Wisata Candi Sumberagung oleh Mahasiswa KKN UM Pulang Kampung Blitar 2021
Candi Sumberagung (Dokpri)

Sumberagung, Blitar - Candi Sumberagung merupakan salah satu situs bersejarah yang terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Adanya Candi Sumberagung ini menjadi perhatian khusus bagi Kepala Desa karena ternyata masih banyak masyarakat khususnya Daerah Kabupaten dan Kota Blitar tidak mengetahui adanya candi bersejarah di daerah Sumberagung. Drs Sugiono sebagai Kepala Desa Sumberagung menuturkan bahwa candi sumberagung ini perlu untuk dikelola dan diberdayakan sehingga dapat menjadi tempat wisata dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Maka dari itu, dengan adanya perhatian khusus dari desa, bersama mahasiswa KKN UM 2021 membantu untuk mengembangkan Candi Sumberagung ini menjadi salah satu destinasi wisata bersejarah.

Koordinasi dengan Bapak Kepala Desa Sumberagung (Dokpri)
Koordinasi dengan Bapak Kepala Desa Sumberagung (Dokpri)

Pertemuan dan pembentukan kelompok sadar wisata (pokdarwis) Dokpri
Pertemuan dan pembentukan kelompok sadar wisata (pokdarwis) Dokpri

Tepat pada hari sabtu 19 Juni 2021, mahasiswa KKN UM 2021 turut membantu untuk mengembangkan wisata candi dengan menyelenggarakan pertemuan dan pembentukan kelompok sadar wisata (pokdarwis). Hal ini dikalukan sebagai langkah awal guna memberikan pengertian kepada masyarakat untuk dapat sadar akan potensi wisata yang ada di Desa Sumberagung. Acara ini dihadiri oleh kepala Desa Sumberagung dan Bhabinkamtibnas Bapak Gembong serta masyarakat dan perwakilan pemuda karang taruna Desa Sumberagung. Pembentukan Kelompok Sadar Wisata ini dimaksudkan untuk mengembangkan kelompok yang dapat berperan sebagai penggerak, motivator, serta komunikator dalam meningkatkan kepedulian masyarakat di sekitar Candi Sumberagung."Candi Sumberagung mempunyai potensi dan sejarah yang luar biasa, Saya berharap apabila Candi Sumberagung ini ramai pengunjung dan dikenal banyak orang, maka akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat setempat" Ujar Drs. Sugiono Kepala Desa Sumberagung. 19/06/2021

dokpri
dokpri
Masyarakat bersama Mahasiswa KKN melakukan kerja bakti (dokpri)
Masyarakat bersama Mahasiswa KKN melakukan kerja bakti (dokpri)

Tidak berhenti disitu, bersama masyarakat Desa Sumberagung mahasiswa KKN UM juga melakukan kegiatan kerja bakti guna membersihkan area candi. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesadaran masyarakat akan pentingnya perawatan dan pemeliharaan lingkungan sekitar candi agar tetap dalam keadaan baik dan bersih. Mengingat bahwa keberadaan Candi Sumberagung merupakan tempat bersejarah yang perlu dijaga dan diperhatikan.
"Kemarin saya sudah coba untuk datang ke dinas pariwisata, mereka sangat terbuka sekali apabila mahasiswa atau pokdarwis mau bertanya terkait pengembangan wisata Candi Sumberagung, insyaallah mereka siap membantu untuk pembinaan pokdarwis". Ujar Drs. Sugiono Kepala Desa Sumberagung.
"Sebenarnya dulu Candi Sumberagung ini sudah lama ingin diberdayakan, namun belum terlaksana lagi sampai sekarang". Maka dari itu mahasiswa KKN UM 2021 berupaya untuk turut membantu mengembangkan wisata candi agar dapat dikenal banyak orang dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.
Untuk kedepannya mahasiswa KKN UM juga memberikan kenang-kenangan berupa Branding Name "Candi Sumberagung" serta "masterplan" Wisata Candi Sumberagung.

VIDEO PILIHAN