Mohon tunggu...
KKN UMDESALEMBOR
KKN UMDESALEMBOR Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pengabdian Mahasiswa

Mahasiswa KKN UM di Desa Lembor Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pembuatan Desain TPA oleh Mahasiswa KKN UM untuk Desa Lembor

17 Juli 2021   21:15 Diperbarui: 17 Juli 2021   21:15 78 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pembuatan Desain TPA oleh Mahasiswa KKN UM untuk Desa Lembor
foto KKN UMDESALEMBOR

Lembor, 17 Juli 2021 - Dalam Upaya pengabdian kepada masyarakat Desa Lembor serta wujud nyata dari salah satu point penting dalam Tri Darma Perguruan Tinggi, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM) 2021 turut serta membantu Pemerintah Desa dengan membuatkan desain Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah untuk Desa Lembor.

Program kerja pembuatan desain TPA desa Lembor ini diawali dengan melakukan kegiatan observasi ke tempat TPA yang ada di desa Lembor, untuk mengetahui bagaimana kondisi dari TPA desa Lembor tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan koordinasi kapada beberapa pihak pemerintah Desa beserta jajarannya terkait jumlah penduduk Desa Lembor, luas lahan TPA sampah saat ini dan jumlah volume timbunan sampah yang dihasilkan masyarakat Desa per harinya.

Setelah mendapatkan data-data tersebut dan dirasa telah cukup, selanjutnya dilakukan perhitungan untuk mengetahui seberapa luas lahan yang dibutuhkan untuk menampung timbunan sampah, sehingga rencana pembuatan desain TPA sampah Desa Lembor pun dapat dilakukan.

foto KKN UMDESALEMBOR
foto KKN UMDESALEMBOR
Menurut Putri Aisyah selaku salah satu dari tiga Mahasiswa penanggung jawab program kerja pembuatan desain TPA sampah Desa Lembor mengatakan bahwa "Kegiatan pembuatan desain TPA sampah Desa Lembor ini dilatar belakangi oleh belum adanya desain konsep TPA yang sesuai dan memadai di Desa Lembor, sehingga perlu adanya kesadaran dari Mahasiswa KKN untuk turut serta membantu Pemerintah desa Lembor" imbuhnya.
 
Rencananya Penyerahan Hasil desain TPA yang telah dibuat oleh Mahasiswa KKN UM akan diserahkan kepada pihak Pemerintah Desa Lembor.
Maka dari itu guna untuk memenuhi fasilitas desa, mahasiswa KKN UM 2021 berharap desain TPA yang telah dibuat ini dapat segera direalisasikan agar sampah yang dihasilkan oleh masyarakat Desa setiap harinya dapat segera ditangani dan dikelola dengan baik.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN