Mohon tunggu...
Vindy Arisqa
Vindy Arisqa Mohon Tunggu... Mahasiswi Universitas Negeri Malang

Mahasiswi semester 7 Prodi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa KKN Tematik UM Membuat E-Book New Normal Life dan Poster Panduan "Cegah Covid-19"

6 Juli 2020   00:33 Diperbarui: 6 Juli 2020   00:35 55 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN Tematik UM Membuat E-Book New Normal Life dan Poster Panduan "Cegah Covid-19"
Foto E-book New Normal Life dan Poster Panduan "Cegah Covid-19 sebelum Merana" yang telah dicetak

              Rabu (3/6) telah dilaksanakan implementasi E-Book New Normal Life di Desa Jambearjo. Tujuan pembuatan E-book adalah masyarakat dapat memanfaatkan buku tersebut sebagai pedoman dalam kegiatan sehari-hari pada masa era baru yang memberikan dampak signifikan dalam perilaku masyarakat saat ini. Pada buku tersebut, kami membahas mulai dari deskripsi virus Sars-Cov-2 beserta cara penularannya, pedoman kegiatan sehari-hari pada masa New Normal, dan juga tercantum tanaman herbal sekitar desa yang dapat dimanfaatkan sebagai jamu alternatif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penyusunan buku ini juga dibantu oleh Dokter sekitar yang berkompeten dalam dunia Kesehatan. Hal ini disebabkan kami tidak ingin buku tersebut membahas hal yang salah sehingga terjadi miskonsepsi yang membahayakan masyarakat.

             Proses editing buku juga ditunjang dengan teknologi yang mumpuni sehingga dapat menghasilkan E-book yang sangat menarik untuk dibaca. melalui grup WhatsApp perangkat desa yang nantinya akan disebarluaskan pada grup RT, selain itu E-book New Normal Life dicetak sebanyak 5 buah untuk perangkat desa yang diharapkan dapat diperbanyak lalu diberikan pada setiap RT. Pada saat peluncuran E-book New Normal Life, buku tersebut mendadak viral dikalangan masyarakat sehingga kami harap buku tersebut dapat membantu masyarakat dalam menghadapi era baru pasca pandemic Covid 19.

Penyerahan E-book cetak Kepada Kepala Desa Jambearjo
Penyerahan E-book cetak Kepada Kepala Desa Jambearjo

              Kamis (11/6) telah dilaksanakan penyebaran poster melalui grup WhatsApp perangkat desa yang nantinya akan disebarluaskan pada grup RT, selain itu poster dicetak dengan ukuran 3m x 1m sebanyak 6 buah yang dipasang di beberapa RT dan di Kantor Desa. Program kerja pembuatan poster bertujuan sebagai media publikasi yang berisikan informasi berupa ajakan serta himbauan kepada masyarakat untuk mencegah penularan wabah Covid-19. Poster dibuat dengan 5 tema yang berbeda, yaitu poster pertama bertema "Jaga Diri dan Keluarga Anda dari Virus Corona (Covid-19) dengan GERMAS (Gerakan Masyarakat Sehat), poster kedua bertema "Cara Penggunaan Masker", poster ketiga bertema "Membangun Imun Tubuh Lawan Covid-19", poster keempat bertema "Menjaga Jarak", dan poster kelima bertema "7 Langkah mencegah penyebaran Covid-19".

Penyerahan E-book dan Poster Kepada Perangkat Desa Jambearjo
Penyerahan E-book dan Poster Kepada Perangkat Desa Jambearjo

Penulis: Dias Astari

Fotografer: Na'immatus Solikhah

VIDEO PILIHAN