Malang (20/08/2022) -- Pemberdayaan para pedagang di Rest Area Desa Petungsewu difokuskan kepada sosialisasi mengenai cara digitalisasi yang dilakukan dengan memanfaatkan media sosial sebagai alat melakukan promosi/branding serta penjualan. Aplikasi yang digunakan adalah shopee store, shopee food, dan Instagram. Para pedagang rest area sangat antusias dalam mengikuti pelatihan/sosialisasi mengenai promosi.Â
Hal itu dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan dari para pedagang rest area. Sosialisasi ini tidak hanya berfokus kepada pedagang saja tetapi juga kepada pengusaha UMKM agar dapat membantu usaha mereka memiliki peningkatan penjualan. Kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh Tim Pengabdian Universitas Negeri Malang berjalan dengan lancar, dimana perwakilan tim pengabdian yaitu Nur Ira Mega Maharani selaku ketua pengabdian ini memberikan sosialisasi atau pelatihan dengan pendukung poster digitalisasi berbasis QR Code.Â
QR Code  ini adalah salah satu teknologi yang digunakan untuk mengarahkan secara cepat dan tepat kepada sasaran yang dituju para pengguna smartphone. QR Code ini digunakan untuk mengarahkan penjelasan pendukung dari sosialisasi kepada video tutorial yang dibuat hanya dengan cara di scan menggunakan smartphone.Â
Hal ini dilakukan agar media poster digitalisasi dapat dipelajari secara mandiri pada para pedagang dan pengusaha UMKM. Media poster digitalisasi ini dapat dipelajari secara mandiri apabila beberapa peserta sosialisasi merasa ada beberpa yang kurang dipahami dapat scan QR Code  tersebut untuk mengulang video tutorial yang disediakan.
Harapannya digitalisasi ini dapat dilaksanakan dengan optimal agar mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan target yaitu peningkatan para pengunjung pada rest area guna mendukung peningkatan ekonomi warga sekitar khususnya warga Desa petungsewu.