Mohon tunggu...
CUSTOM PROJECT
CUSTOM PROJECT Mohon Tunggu... Mahasiswa - Custom Project ID (Independent.business)

CUSTOM PROJECT.ID

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pembuatan Layout Masterplan Desa Landungsari Guna Mendukung Rencana Tata Ruang yang Baik

26 September 2022   09:25 Diperbarui: 26 September 2022   09:37 77 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tahap Awal (Pengukuran) dalam Pembuatan Masterplan. Dokpri

Malang (25/08/22)-Desa Landungsari terletak di wilayah Kecamatan Dau, Kabupaten Malang dengan posisi yang dibatasi oleh desa-desa tetangga. 

Sebelah utara Desa Landungsari berbatasan dengan Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota malang, dan disebelah timur Desa Landungsari berbatasan dengan kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota malang, sedangkan di Sebelah barat berbatasan dengan Desa Tegal Weru dan Desa Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang. 

Berdasarkan data administrasi Pemerintahan Desa Landungsari tahun 2018, jumlah penduduk Desa Landungsari adalah 9.461 Jiwa dalam 2.492 KK. Lahan yang berkembang menjadi hunian namun tidak sesuai dengan rencana tata ruang juga menjadi permasalahan yang mendasar di Desa Landungsari.

Tata ruang lahan sebagai hunian di Desa Landungsari dinilai masih kurang teratur sebab adanya pembangunan perumahan besar-besaran dimana kegiatan tersebut tidak memperhatikan rencana umum tata ruang. Dilihat dari kondisi ini, maka sangat berpotensi untuk melakukan penataan ulang layout masterplan di lingkungan Desa Landungsari. 

Oleh karena hal tersebut dan pentingnya penataan hunian dalam mendukung rencana tata ruang yang baik maka, diperlukan adanya layout masterplan lingkungan Desa Landungsari.

Pada tahap awal dalam pembuatan masterplan dengan melakukan pengukuran batas-batas lahan Desa Landungsari. Tahap awal ini adalah salah satu tahapan dasar dalam pembuatan layout masterplan.

Pengukuran dilakukan oleh Tim Pengabdian Universitas Negeri Malang yang sudah ahli pada bidang surveyor. Tim Pengabdian Universitas Negeri Malang membuat Layout masterplan yang direncanakan berupa denah RT 03 RW 09, Desa Landungsari yang nantinya akan dicetak dan dipasang pada pos sebagai upaya mempermudah informasi letak rumah warga Rt 03 Rw 09. 

Maka dengan adanya denah ini dapat menjadi sarana yang menunjang aktivitas masyarakat dan pendatang serta peluang untuk pembangunan desa yang berkelanjutan dan peningkatan tata kelola desa.

Layout Masterplan Desa Landungsari. Dokpri
Layout Masterplan Desa Landungsari. Dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan