Mohon tunggu...
KKN DESA BALESARI 2021
KKN DESA BALESARI 2021 Mohon Tunggu... Universitas Negeri Malang

KKN Desa Balesari, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, Universitas Negeri Malang.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN UM Persembahkan Video "Pesona Desa Balesari" sebagai Media Promosi Potensi Wisata

22 Juli 2021   23:10 Diperbarui: 22 Juli 2021   23:18 36 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UM Persembahkan Video "Pesona Desa Balesari" sebagai Media Promosi Potensi Wisata
Desa Balesari terletak di kaki Gunung Kawi

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang Desa Balesari membantu mempromosikan desa dengan "Pengembangan Video Profil "Pesona Desa Balesari", Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang.

Desa Balesari kecamatan Ngajum Kabupaten Malang ini membutuhkan media promosi untuk memperkenalkan potensi dan wisata yang dimiliki Desa Balesari kepada masyarakat luas. Berdasarkan hal tersebut, maka untuk melakukan promosi akan melakukan pengembangan sebuah video profil Desa Balesari. Dalam video profil tersebut berisi tentang gambaran umum desa, luas tanah, kemasyarakatan, potensi desa dan keindahan alam yang dimiliki, serta kebudayaan yang ada. Video profil desa ini dibuat dilandasi dengan banyaknya potensi desa yang belum terekspos masyarakat luar, mulai dari wisata, dan kebudayaan yang ada di desa Balesari tersebut, membuat minimnya wisatawan yang mengunjungi Desa Balesari.

Wisata Alam Coban Baung
Wisata Alam Coban Baung

Desa Balesari adalah sebuah desa yang berada di lereng Gunung Kawi, desa ini berada di wilayah Kecamatan Ngajum bagian Utara Kabupaten Malang, Jawa Timur. Desa ini memiliki topografi berupa daratan tinggi dan hutan pinus, sehingga suhu di desa ini cukup sejuk. Iklim Desa Balesari, sebagaimana desa-desa lain di wilayah Indonesia mempunyai iklim kemarau dan penghujan, hal tersebut mempunyai pengaruh langsung terhadap pola tanam yang ada di Desa Balesari Kecamatan Ngajum. Jumlah wilayah bawahan ada 7 (tujuh) Dusun yang terdiri dari :

  • Dusun Krajan
  • Dusun Jambuwer
  • Dusun Gendogo
  • Dusun nanasan
  • Dusun Segelan Sidomulyo
  • Dusun Ubalan
  • Dusun Umbulrejo

Komoditas perkebunan di Desa Balesari
Komoditas perkebunan di Desa Balesari

Keadaan tanah yang memiliki tingkat kesuburan yang sangat baik dan sangat cocok menjadi lahan pertanian dan perkebunan, oleh karena itu mata pencaharian didesa balesari didominasi oleh pertanian dan perkebunan, antara lain, perkebunan biji kopi, ubi, cengkeh, jagung  dan kacang-kacangan. Disamping itu penduduk desa balesari juga memiliki mata pencaharian sebagai peternak sapi perah, yang setiap harinya menyetorkan susu sapi perah tersebut ke pabrik Greenfields Indonesia.

Vihara Dewi Kuan In sebagai tempat ibadah warga Tionghoa dan tempat wisata spiritual di Desa Balesari
Vihara Dewi Kuan In sebagai tempat ibadah warga Tionghoa dan tempat wisata spiritual di Desa Balesari

Dari sektor wisatawan dan kesenian, Desa Balesari memiliki banyak sekali tempat wisata yang belum banyak diketahui oleh masyarakat luar, diantaranya adalah Coban Baung, Keraton Gunung Kawi, Sumber Sirah, dan Lembah Indah. Desa Balesari adalah desa yang masih menjunjung tinggi nilai leluhur dan budaya serta kesenian, dibuktikan dengan banyaknya kesenian yang masih aktif dengan mengadakan acara pertunjukan  kesenian dan antusiasme masyarakat masih sangat tinggi terhadap kesenian disana, di Desa Balesari sendiri memiliki banyak sekali kesenian, diantaranya: Reog, Rampak, Jaranan, Bantengan dan Ngarak gunungan.

Salah satu kesenian di Desa Balesari
Salah satu kesenian di Desa Balesari

Untuk menjunjung tinggi budaya yang ada di Desa Balesari, masyarakat masih aktif mengadakan pegelaran seni sehingga budaya di Desa Balesari dapat dikenal oleh masyarakat luas. Melalui video profil desa ini diharapkan dapat mempromosikan Desa Balesari secara langsung dan diharapkan juga dapat menarik wisatawan untuk menggunjungi desa tersebut.

VIDEO PILIHAN