Mohon tunggu...
Kknblayumlg
Kknblayumlg Mohon Tunggu... profil milik bersama

KKN UM Desa Blayu 2019

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Dedikasi Hati dan Tindakan Melalui Gerakan Masjid dan Musholla Nyaman KKN UM 2019

25 Juni 2019   09:46 Diperbarui: 25 Juni 2019   10:45 0 0 0 Mohon Tunggu...
Dedikasi Hati dan Tindakan Melalui Gerakan Masjid dan Musholla Nyaman KKN UM 2019
Acara GERMAN oleh KKN UM 2019 -dokpri

GERMAN (Gerakan Masjid & Mushola Nyaman), Mahasiswa KKN UM di Desa Blayu, Kecamatan Wajak

Oleh: Maulidya Rahma

(Mahasiswa Universitas Negeri Malang)

Pada hari Minggu, 16 Juni 2019 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang (KKN UM) yang berlokasi di Desa Blayu Kecamatan Wajak Kabupaten Malang melaksanakan program kerja GERMAN (Gerakan Masjid & Musholla Nyaman). GERMAN merupakan salah satu program kerja yang diusulkan kelompok untuk dilaksanakan di beberapa Musholla dan Masjid di Desa Blayu

Desa Blayu yang terbagi atas 3 dusun merupakan salah satu desa dengan mayoritas penduduk beragama Islam. Terdapat 7 Masjid dan 42 Mushola yang masih aktif digunakan untuk beribadah oleh warga desa. Namun, terdapat beberapa mushola dan masjid yang membutuhkan perbaikan maupun penambahan sarana prasana. 

Kelompok KKN UM yang berlokasi di Desa Blayu berinisiatif membuat suatu program kerja yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya kebersihan lingkungan mushola dan masjid sehingga kenyaman dalam beribadah dapat warga rasakan melalui kegiatan GERMAN (Gerakan Masjid & Musholla Nyaman). Dari beberapa musholla dan masjid di Desa Blayu dipilihlah satu musholla/masjid pada tiap dusun sebagai sasaran kegiatan GERMAN.

Gerakan Masjid & Mushola Nyaman yang dilakukan mahasiswa KKN UM pada tanggal 16 Juni merupakan kegiatan GERMAN kedua yang berhasil direalisasikan oleh mahasiswa KKN UM di Desa Blayu. Kegiatan yang dilakukan di Musholah Nurul Iman yang beralamatkan di jalan Masjid At-Taqwa No. 12, Blayu 02 dibuka dengan kegiatan briefing oleh ketua pelaksana. Selama kegiatan berlangsung semangat membersihkan mushola tidak hanya dimiliki oleh mahasiswa KKN, antusias dari warga sekitar yang ikut berbaur bersama mahasiswa mampu menambah semangat gotong -- royong dalam menciptakan mushola Nurul Iman yang bersih dan nyaman.

Bapak Imam Syafi'i selaku pengurus Mushola Nurul Iman mengaku sangat terbantu dan bersyukur atas kegiatan GERMAN yang dilakukan mahasiswa KKN UM di Mushola Nurul Iman. Bapak Imam Syafi'i berharap dengan kondisi mushola yang bersih dan nyaman dapat meningkatkan kualitas ibadah warga sekitar mushola.

GERMAN di Mushola Nurul Iman ditutup dengan pemberian donasi berupa alat kebersihan, alat sholat serta beberapa Al Quran yang diperoleh mahasiswa melalui kegiatan open donation (penggalangan bantuan). Donasi berupa uang, alat kebersihan, alat sholat, dan Al Quran yang terkumpul dari para donatur rencananya tidak hanya disalurkan untuk 3 mushola/ masjid yang menjadi sasaran GERMAN akan tetapi juga pada mushola/masjid di Desa Blayu yang masih membutuhkan penambahan sarana dan prasarana.