Mohon tunggu...
KKN BELUNG 2022
KKN BELUNG 2022 Mohon Tunggu... Relawan - MBKM MD UM

Akun Resmi KKN MD UM 2022 DESA BELUNG

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Batik Khas Desa Belung! Menampilkan Ciri Khas Autentik Sayur Mayur Serta Gerit yang Unik

18 Mei 2022   23:19 Diperbarui: 18 Mei 2022   23:26 63 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Batik Khas Belung (Dokpri)

Menampilkan motif berbagai macam sayur mayur, Tim MBKM Membangun Desa Universitas Negeri Malang menggagas cipta batik khas Desa Belung.

Dinahkodai oleh Ibu Lurah Desa Belung, dua motif batik ini berhasil diciptakan. Dalam prosesnya penciptaan batik tersebut berawal dari hobi pribadi Ibu Lurah Anneta Triana Febriyanti dalam berkreasi kerajinan seperti produk hasil jahit dan produk batik, sehingga akhirnya tercetuslah ide untuk penciptaan batik dengan muatan motif sayur mayur seperti Kubis, Cabai, dan Tomat. 

Dengan berbagai proses observasi bentuk dasar dari motif yang akan diangkat, maka berhasil diwujudkan dalam bentuk nyata batik print dengan dua motif dasar yang akan dipublikasikan secara meluas pada program Mini Festival Kampung Gerit sebagai program penutup kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tim MBKM yang mengabdi di Desa Belung ini nantinya.

Pengembangan motif yang dimaksud sendiri dilakukan oleh Yusuf Nasrullah sebagai salah satu Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa. Berbagai rencana model sempat diajukan, dengan pola yang berbeda-beda disengaja demi memberi kesan yang berbeda.

Hal ini disesuaikan dengan tujuan utama dari penciptaan motif batik ini sendiri yaitu hasil jadinya kelak akan menjadi awal mula seragam khusus Pemerintahan Desa Belung.

Hasil Batik Khas Belung (Motif Kedua) Dokpri
Hasil Batik Khas Belung (Motif Kedua) Dokpri

Secara spesifik setelah diajukannya beberapa pola tersebut, terpilihlah dua pola yang masing-masing mewakili pola khusus untuk pria dan pola khusus untuk wanita. 

Sebelumnya, Ibu Wiwik Wahyuni selaku Dosen Pembimbing Lapangan pun turut memberi masukan terhadap motif batik dengan pola terpilih yaitu penempatan stilasi dari produk gerit dan jagung sebagai ciri khas unik Desa Belung yang dalam hal ini menjadi ikon utama desa sebagai calon Desa Wisata hasil binaan Universitas Negeri Malang. 

Oleh karena itu sebelum pada akhirnya tercetak secara nyata, dilakukan perevisian dan penempatan ulang pola sehingga menghasilkan motif yang benar-benar autentik dan memuat unsur yang orang akan kenal sebagai ikon pembeda Desa Belung dari desa lain di Kecamatan Poncokusumo, bahkan dari seluruh desa di Malang Raya.

Hasil Batik Khas Belung (Motif Pertama) Dokpri
Hasil Batik Khas Belung (Motif Pertama) Dokpri

Cita-cita besar yang kemudian didukung penuh ini kini menghasilkan produk yang sementara menjadi model awal dari karya batik tulis yang secara harfiah akan dicanting dan dilakukan proses pewarnaan di atas kain oleh tim MBKM berikutnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan