Mohon tunggu...
KKN Tematik Kelompok 93 UPNVJT
KKN Tematik Kelompok 93 UPNVJT Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPN "Veteran" Jawa Timur

Kelompok 93 KKN-T UPN "Veteran" Jawa Timur ditugaskan pada skema Desa Wisata yang bertempat di Desa Jarak, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok ini adalah Ibu Kusuma Wardhani Mas’udah, S.Si., M.Si.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kerja Bakti Grojogan Asmoro Dilakukan Pemuda Karang Taruna bersama Mahasiswa KKN 93 UPNVJT

26 Juni 2022   15:00 Diperbarui: 26 Juni 2022   15:04 51 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kerja bakti di area Grojogan Asmoro dilakukan Mahasiswa KKN Kelompok 93 UPNVJT bersama pemuda karang taruna. (Sumber: Dokumen Pribadi)

Selasa, 21 Juni 2022 - Kegiatan kerja bakti merupakan salah satu bentuk kita dalam mencintai lingkungan. Dengan kerja bakti kita bisa saling gotong royong untuk membersihkan, mengasrikan, mempercantik lingkungan yang kita tinggali. Selain untuk alam, kerja bakti juga berfungsi sebagai pengerat tali persaudaraan antar manusia dengan adanya interaksi sosial kepada warga menjadikan kita dapat saling menghargai dan menghormati.

Kegiatan kerja bakti dapat dilakukan di setiap tempat, di dalam rumah, jalan, komplek, desa dan juga tempat wisata. Kegiatan kerja bakti ini terjadi karna adanya kesadaran masing-masing sehingga tidak adanya unsur keterpaksaan. Seperti halnya yang terjadi di wisata air terjun Grojogan Asmoro Dusun Tegarejo, Desa Jarak, Wonosalam.

Dilaksanakannya kegiatan kerja bakti oleh mahasiswa KKN 93 UPN "VETERAN" JAWA TIMUR beserta pemuda Karang Taruna dusun setempat bertujuan untuk memperindah penampilan air terjun. Kegiatan ini dimulai dari menyisir dan menebang semak liar di akses jalan menuju air terjun agar lebih mudah untuk dilewati, 

lalu membersihkan daun-daun hingga ranting yang tersangkut dalam pangkal jatuh air terjun, menebang tanaman hingga pohon-pohon yang ada di tengah bebatuan air terjun, mengeruk pasir sehingga pangkal air terjun tidak terlalu dangkal, mengumpulkan bebatuan untuk lebih menghambat laju air hingga sedikit tercipta bendungan.

Kegiatan kerja bakti sangat menyenangkan karena interaksi antara mahasiswa dan pemuda karang taruna sangatlah baik sehingga kerja bakti tidak terasa melelahkan. Kegiatan ini dimulai pukul 08.30 hingga 14.30, dengan gotong royong wisata air terjun Grojogan Asmoro saat ini menjadi lebih indah dan mudah akses jalannya.

Untuk akses jalan pulang sedikit menegangkan karena terjadi hujan sehingga jalannya menjadi sedikit becek dan licin ditambah lagi adanya hewan pacet menjadi keseruan tersendiri untuk mahasiswa dan pemuda karang taruna. Yang mengikuti kegiatan kerja bakti ini bertotalkan 18 orang.

Dengan adanya kerja bakti ini semoga akan terlaksana dalam beberapa bulan sekali tumbuhan-tumbuhan liar dapat terkontrol sehingga tidak menutup jalanan dan mempermudahkan wisatawan yang akan berkunjung.

Jombang, 26 Juni 2022

Penulis : Kelompok KKN TEMATIK 93 UPN "Veteran" Jawa Timur

Dosen Pembimbing Lapangan : Kusuma Wardhani Mas'udah, S.Si., M.Si.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan