Mohon tunggu...
KKN Tematik Kelompok 93 UPNVJT
KKN Tematik Kelompok 93 UPNVJT Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPN "Veteran" Jawa Timur

Kelompok 93 KKN-T UPN "Veteran" Jawa Timur ditugaskan pada skema Desa Wisata yang bertempat di Desa Jarak, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok ini adalah Ibu Kusuma Wardhani Mas’udah, S.Si., M.Si.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Demi Mempererat Tali Silaturahmi dengan Warga Dusun Tegalrejo, Mahasiswa KKN 93 UPNVJT Halal Bihalal ke Rumah Warga

18 Mei 2022   21:11 Diperbarui: 18 Mei 2022   21:25 50 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kegiatan Mahasiswa KKN 93 UPNVJT saat Menghadari Salah Satu Rumah Warga Dusun Tegalrejo (Dokpri)

Selasa-Rabu, 10-11 Mei 2022 -- Bulan suci Ramadan telah usai, saatnya kita kembali ke fitri dengan saling memaafkan kesalahan pada Hari Raya Idul Fitri. Hari Raya Idul Fitri merupakan hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal, dan sebagai perayaan besar yang menjadi momen kemenangan bagi seluruh umat muslim. Pada Hari Raya Idul Fitri ini, biasanya dilaksanakan pula kegiatan halal bi halal yang menjadi salah satu jenis tradisi dan selalu melekat serta telah menjadi kebiasaan di kalangan masyarakat Islam. Umumnya halal bi halal dilakukan dengan mengadakan acara pertemuan yang digelar untuk bersilaturahmi dan saling memaafkan. Tradisi pada Hari Raya Idul Fitri atau lebaran ini dilaksanakan dengan cara berkunjung ke tetangga sekitar, saling mengunjungi kerabat serta bermaaf-maafan atas kesalahan di masa silam. Tujuan dari tradisi ini adalah menjalin silaturahmi sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW.

Di hari pertama, Mahasiswa UPN "Veteran" Jawa Timur, Kelompok 93 KKN Tematik melaksanakan kegiatan halal bi halal ke rumah kepala dusun Tegalrejo yang ada di RT 16, warga sekitar RT 16 dan perangkat Desa Jarak. Hal tersebut dilaksanakan untuk melestarikan tradisi dan menjalin silaturahmi antara mahasiswa KKN dengan warga. Pada hari berikutnya, kegiatan silaturahmi dilanjutkan dengan mengunjungi masyarakat di RT 07 dan RT 08 Dusun Tegalrejo, Desa Jarak.

Dengan adanya kegiatan halal bi halal ini dapat menjalin hubungan yang semakin baik antara mahasiswa dengan perangkat desa maupun warga setempat. Dengan begitu, kita juga dapat meningkatkan nilai-nilai kebudayaan serta keagamaan.

Jombang, 18 Mei 2022

Penulis : Kelompok KKN TEMATIK 93 UPN "Veteran" Jawa Timur

Dosen Pembimbing Lapangan : Kusuma Wardhani Mas'udah, S.Si., M.Si.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan