Mohon tunggu...
KKN Reguler UM Desa Sumurup
KKN Reguler UM Desa Sumurup Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN Reguler Desa Sumurup/Universitas Negeri Malang

Berisikan konten seputar kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) dari kelompok reguler Desa Sumurup 2022

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Tim Pengabdian UM Keren! Limbah Rumah Tangga Diubah Pupuk Organik Cair

8 November 2022   22:46 Diperbarui: 8 November 2022   23:51 261
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Limbah rumah tangga  merupakan salah satu jenis limbah yang terus-menerus ada sebagai tanda bahwa rumah tersebut berpenghuni. Limbah tersebut seringkali dibuang begitu saja mengingat jenisnya yang bermacam-macam dan ditempatkan pada satu tempat tanpa dipisah sebelumnya. 

Pengelolaan limbah rumah tangga tengah menjadi hal yang perlu diperhatikan, termasuk di Desa Sumurup. Dalam aktivitas harian masyarakat Desa Sumurup tentunya menghasilkan, baik sampah organik maupun anorganik.

Desa Sumurup merupakan wilayah yang terletak di Kecamatan Bendungan dengan ketinggian sekitar 200-750 mdpl dengan hawa udara yang sejuk dan tanah yang subur, kebanyakan profesi masyarakat sebagai petani dan pedagang, serta memiliki tanah garapan yang luas, sehingga dimanfaatkan sebagai tempat bertani tanaman hortikultura seperti kenikir, sawi, bayam, kangkung, dan pisang.

Dengan adanya kegiatan bertani dan berkebun tersebut, timbul masalah berupa kebutuhan pupuk yang tinggi, namun tidak diimbangi dengan kondisi keuangan yang seimbang. Sehingga pemenuhan nutrisi bagi tumbuhan cenderung apa adanya. Salah satu faktor yang berpengaruh besar adalah iklim desa yang sangat sejuk dan berkabut menyebabkan adanya serangan hama dan penyakit.

Guna memberikan solusi permasalahan tersebut, tim pengabdian mahasiswa KKN Reguler Universitas Negeri Malang mengadakan pelatihan pembuatan pupuk cair organik (POC) kepada Kelompok Tani Desa Sumurup di Kantor Balai Desa Sumurup hari ini (Selasa, 08 November 2022).

Foto saat kegiatan sosialisasi berlangsung. (dokpri)
Foto saat kegiatan sosialisasi berlangsung. (dokpri)

Pupuk Organik Cair (POC) merupakan pupuk yang tersedia dalam bentuk cair. POC dapat diartikan sebagai pupuk yang dibuat secara alami melalui proses fermentasi sehingga menghasilkan larutan hasil pembusukan dari sisa tanaman, maupun kotoran hewan atau manusia.

Foto saat praktek pembuatan pupuk. (dokpri)
Foto saat praktek pembuatan pupuk. (dokpri)

Sosialisasi dilakukan dengan pemberian materi secara langsung pada Kelompok Tani dibantu dengan membagikan brosur yang berisi materi serta pengaplikasiannya. 

Materi yang diberikan berupa penjelasan mengenai pengertian pupuk cair organik, manfaat serta keunggulan, langkah-langkah pembuatan, serta cara pengaplikasiannya. Sosialisasi ini juga disertai dengan praktik pembuatan secara langsung oleh tim pengabdian mahasiswa KKN Reguler Universitas Negeri Malang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun