Mohon tunggu...
KKN DESA KALIBENDO
KKN DESA KALIBENDO Mohon Tunggu... Lainnya - KKN 452 UNIVERSITAS JEMBER

KKN TEMATIK UMD PERIODE II 2021/2022 KELOMPOK 452 UNIVERSITAS JEMBER

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengembangkan Kewirausahaan Pondok Pesantren Miftahul Arifin Melalui Pelatihan Budidaya Jamur Tiram Bersama Kelompok KKN UMD 452 Universitas Jember

11 Agustus 2022   15:22 Diperbarui: 11 Agustus 2022   15:34 224 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. Silaturahmi dan Diskusi Terkait Program Kerja Budidaya Jamur Tiram

Lumajang -- Di Desa Kalibendo Kabupaten Lumajang terdapat Pondok Pesantren yang bernama Pondok Pesantren Miftahul Arifin. Ponpes tersebut terletak di Dusun Sudimoro, Desa Kalibendo, Kecamatan Pasirian yang didirikan sejak tahun 2019 oleh KH. Moh. Syaikhoni. Saat ini Pondok Pesantren Miftahul Arifin memiliki 105 santri yang terdiri dari 50 santriwan dan 55 santriwati. Demi mengembangkan kemampuan santri, Pondok Pesantren Miftahul Arifin menginisiasi ekstrakurikuler kewirausahaan. Ekstrakurikuler ini digerakkan oleh para santri yang dibimbing langsung oleh para pengurus ponpes.

Bersama dengan mahasiswa KKN UMD 452, Pondok Pesantren Miftahul Arifin bekerjasama untuk bisa mengembangkan kemampuan wirausaha para santri melalui pengembangan kegiatan di ekstrakulikuler kewirausahaan. Mahasiswa KKN UMD 452 memberikan ide untuk mengadakan kegiatan berbasis pelatihan budidaya jamur tiram. Pelatihan ini dibimbing langsung oleh mahasiswa KKN UMD 452 yang sudah berpengalaman selama 4 tahun dalam beriwausaha jamur tiram. 

Menurut Gus Muslih kegiatan pelatihan budidaya jamur tiram sangat bagus untuk diterapkan pada santri di pondok demi pengembangan kemampuan kewirausahaan para santri, Para santri dan pengurus pondok sangat antusias akan ide kegiatan yang diberikan oleh mahasiswa KKN UMD 452 dimana hal ini terlihat dari semangat ponpes untuk mempersiapkan segala alat dan bahan yang dibutuhkan pada kegiatan pelatihan budidaya jamur.

Gambar 2. Pemaparan Rencana Kegiatan Yang akan dilakukan oleh Mahasiswa KKN UMD 452 Universitas Jember
Gambar 2. Pemaparan Rencana Kegiatan Yang akan dilakukan oleh Mahasiswa KKN UMD 452 Universitas Jember
"Ilmu yang diberikan oleh mahasiswa KKN UMD 452 sangat bermanfaat untuk para santri dimana ilmu mengenai budidaya jamur tiram merupakan ilmu yang sangat bermanfaat dimana nantinya para santri akan memiliki kemampuan untuk budidaya jamur yang nantinya diharapkan akan muncul usaha budidaya jamur tiram yang digerakkan langsung oleh para santri pondok", tutur Gus Muslih. Program pelatihan budidaya jamur ini diadakan dengan melakukan sosialisasi dan pelatihan bagaimana cara menyiapkan media budidaya jamur hingga proses perawatan jamur tiram. 

Program pelatihan ini rencananya akan diikuti oleh sekitar 35 santri beserta beberapa pengurus pondok yang nantinya ilmu budidaya jamur bisa  diserbarluaskan keapada seluruh santri Pondok Pesantren Miftahul Arifin. Menurut Erlangga selaku ketua kelompok KKN UMD 452 "Mahasiswa KKN UMD 452 sangat senang atas semangat dan antusiasme pondok pesantren dalam proses penyaluran ilmu kewirausahaan melalui kegiatan pelatihan budidaya jamur tiram". Mahasiswa KKN UMD 452 berharap semoga ilmu yang disalurkan kepada para santri di pondok pesantren bisa selamanya bermanfaat demi pengembangan pondok pesantren dan para santri.

Penulis: KKN UMD 2022 Kelompok 452 Desa Kalibendo 

https://lp2m.unej.ac.id/category/kkn/

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan