Mohon tunggu...
Media

"Posyandu Remaja" Usaha Wujudkan Remaja Berencana

7 Maret 2019   15:23 Diperbarui: 10 Maret 2019   03:09 0 0 0 Mohon Tunggu...
"Posyandu Remaja"  Usaha Wujudkan Remaja Berencana
Pemotongan Pita sebagai Simbol Peresmian Posyandu Remaja

"POSYANDU REMAJA" USAHA WUJUDKAN REMAJA BERENCANA

Posyandu remaja adalah sebuah program unggulan yang direncanakan oleh mahasiswa KKNT KKBPK kelompok 34 dari UNIVERSITAS PGRI MADIUN yang berada di desa Klangon. Desa Klangon merupakan sebuah desa yang berada di kecamatan Saradan Kabupaten  Madiun. 

Terdapat banyak sekali potensi dari Desa Klangon ini. Posyandu remaja merupakan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh remaja Desa Klangon pada umumnya dan siswa-siswi Smp N 3 Saradan pada khusunya. Kegiatan posyandu remaja ini direncanakan akan dilakukan setiap  1 bulan sekali dan akan dilakukan oleh setiap tingkat kelas di  Smp N 3 Saradan. Posyandu remaja ini akan dilakukan di SMP N 3 Saradan dan akan dibantu oleh bidan dan petugas kesehatan setempat.

Adapun beberapa hal yang melatar belakangi kami membentuk posyandu  remaja ini adalah

1. Adanya perkembangan globalisasi

     Pekembangan globalisasi merupakan suatu hal yang tidak dapat dibendung atau ditahan karena semakin hari  zaman akan semakin berkembang dengan semakin pesat. Dampak dari era globalisasi ini juga bermacam-macam, ada dampak postif dan negatif dari era globalisasi ini. Perkembangan globlasisasi memang tidak dapat dibendunng namun kita sebagai generasi muda kita bisa mempersiapkan diri kita di era globalisasi ini.  Dengan adanya posyandu remaja ini kami harapkan bahwa remaja di desa klangon ini menjadi remaja-remaja berpotensi yang mampu  membekali dirinya  dengan berbagai hal-hal positif yang bisa menjadi saringan untuk menyaring dampak dari era globalisasi ini. Disisi lain kami juga berharap remaja klangon juga mampu memaksilakan potensi yang ada pada dirinya sehingga bisa menjadi remaja  yang berencana dan remaja yag mampu bersaing di era globalisasi ini.

2. Perkembngan IT yang semakin pesat

     Dalam era globalisasi ini tidak dipungkiri bahwa perkembangan IT juga berkembang  sangat pesat. Dengan adanya teknologi yang semakin canggih menyebabkan semua orang bisa mengakses apa saja yang dikehendaki dari sebuah benda yang dinamakan smartphone. Tidak terkecuali dapat diakses oleh para remaja  yang notabene masih dalam masa-masa "labil", masa dimana mereka terkadang belum bisa merencanakan apa yang akan mereka lakuakan untuk masa mendatang atau bahkan mereka tidak memikirkan dampak dari  apa yang mereka lakukann saat ini , tidak jarang juga mereka merupakan remaja yang mudah sekali terhasut oleh isu-isu yang tidak benar atau berita hoax.

3. Banyaknya siswa yang hanya  tamat SMP

     Pendidikan merupakan sebuah hal yang dibutuhkan oleh setiap manusia. Mario teguh pernah berkata bahwa " Pendidikan memang tidak menjamin kesukses, tapi tanpa pendidikan kehidupan ini menjadi lebih sulit. " kami sependapat dengan ungkapan tersebut memang pendidikan itu bukan jaminan kesusksesan kita, tetapi dengaan pendidikan setidaknya kita punya bekal ilmu untuk menghadapi kehidupan ini. Di desa klangon ini blum ada SMA atau SMK jadi apabila ingin melanjutkan ke jejang pendidikan yang lebih lanjut mereka harus bersekolah diluar daerah desa klangon. Mungkin karena jarak itulah yang menjadi salah satu alasan kenapa masih banyak lulusan SMP di Desa Klangon ini. Begitu juga yang kami harapkan dari remaja yang ada di Desa Klangon yang saat ini masih duduk di bangku SMP kami berharap dengan adanya posyandu remaja ini mampu membangkitkan motivassi temaan-teman semua agar mau melnajutkan pendidika ke jenjang yanng lebih tinggi.

4. Maraknya pernikahan dini

     Hal inilah yang merupakan alasan utama kenapa kami mendirikan posyandu remaja, kurangnya pemahanman remaja akan dampak dari pernikahan dini lah yang terkadang membuat seorang remaja berkeinginan untuk segera menikah dengan pemikiran bahwa dengan mereka menikah akan meringankan beban orang tua, padahal jelas alasan itu tidaklah selalu benar. Dengan adanya posyandu remaja ini kami berharap mampu mewujudkan remaja yang berencana dan membentuk remaja yang luar biasa.


Kegiatan Posyandu Remaja
Kegiatan Posyandu Remaja


Dalam kegiatan posyandu remaja ini adapun alur kegiatanya sebagai berikut:

  1.  Pendaftaran
  2. Pemeriksaan status gizi melalui penimbangan berat badan dan tinggi badan.
  3. Pengukuran tekanan darah menggunakan tensimeter dan stetoskop
  4. Pemberian tablet tambahan untuk perempuan
  5. Konsultasi
  6. Pemberian makanan tambahan
  7. Penyuluhan kesehatan atau penyuluhan lintas sektor
  8. Pengembangan Ketrampilan

Pemberian Motivasi Tentang Pentingnya Pendidikan
Pemberian Motivasi Tentang Pentingnya Pendidikan

         

  Uni selaku siswi Smp N 3 Saradan menyatakan bahwa "saya merasa senang dengan adanya posyandu remaja ini karena dengan adanya posyandu remaja ini saya bisa tergabung dalam wadah yang tepat, dengan adanya posyandu remaja ini juga membuat siswa-siswa Smp N 3 Saradan menjadi lebih semangat dan kreatif karena didalam kegiata posyandu remaja diberikan motivasi-motivasi tentang berbagai hal seperti motivasi tentang pentingnya pendidikan melalui posyandu remaja ini saya bisa sadar bahwa pendidikan itu memang penting. Saya juga berharap agar posyandu remaja ini bisa berkembang semakin luas lagi dan bisa menjadi sarana untuk remajaa-remaja di Desa Klangon untuk menjadi remaja yang berkualitas sehingga dapat memajukan Desa Klangon"

           Bapak dzikir selaku anggota LPKMD menambahkan " program yang diajukan oleh adik-adik KKN sudah cukup bagus dan saya berdoa semoga melalui posyandu remaja ini bisa menjadikan Desa Klangon semakin maju dan berkembang. Saya juga ingin menambah sedikit saran untuk kegiatan ini, supaya adik-adik menambahkan kegiatan keagamaan didalamnya supaya selain dibentuk dan dibekali dalam bidang karakter para remaja juga memiliki bekal agama yang baik. "

KONTEN MENARIK LAINNYA
x