Mohon tunggu...
KKN Kelompok 305 UMD 2022
KKN Kelompok 305 UMD 2022 Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

mahasiswa KKN UMD Kelompok 305 Prajekan Kidul Bondowoso, siap melakukan pengabdian

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PBHS) di SDN 2 Prajekan Kidul

30 Agustus 2022   17:43 Diperbarui: 30 Agustus 2022   17:47 142 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada hari Jum'at (19/08/2022) pukul 09.00 WIB Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Jember Membangun Desa Kelompok 305 melaksanakan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di SDN 02 Prajekan Kidul, Kecamatan Prajekan, Kabupaten Bondowoso. 

Sosialisasi yang dilakukan yaitu berupa edukasi terkait cara menyikat gigi dan mencuci tangan yang baik dan benar. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa mengenai cara hidup bersih dan sehat.

Kegiatan sosialisasi melibatkan siswa kelas 3 yang berjumlah 31 orang. Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa KKN Universitas Jember, yaitu Rizka Nurullita Octavia yang berasal dari prodi farmasi sebagai pemateri 1 dan Berliana Khusnul 'Aini yang berasal dari prodi kedokteran gigi sebagai pemateri 2. 

Pemaparan materi dilaksanakan di ruang kelas dengan metode ceramah dan melalui audio visual menggunakan bantuan LCD. Para siswa juga diberikan demonstrasi cara mencuci tangan dan menyikat gigi yang baik dan benar dengan menggunakan lagu anak-anak yang telah disesuaikan liriknya dengan materi sosialisasi. 

Hal tersebut dimaksudkan agar para siswa dapat menerima materi dengan baik.

Selama kegiatan sosialisasi berlangsung, para siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan. Pada awalnya siswa ditanya mengenai kebiasaan menyikat gigi dan mencuci tangan. 

Mereka telah melakukan kegiatan tersebut sebagai suatu kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. 

Akan tetapi, kebiasaan yang mereka lakukan masih belum tepat. Setelah dilakukan pemaparan materi, siswa diminta untuk mempraktikkan gerakan menyikat gigi dan mencuci tangan dengan baik dan benar. 

Harapannya setelah sosialisasi selesai mereka dapat menerapkan hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari. 

Di akhir kegiatan terdapat sesi tanya jawab yang disertai pemberian hadiah bagi para siswa yang mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Para siswa sangat interaktif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pemateri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan