Mohon tunggu...
Kkn17 desabrongkal
Kkn17 desabrongkal Mohon Tunggu... KKN17UMM Desa Brongkal

Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata UMM 17 Desa Brongkal Kabupaten Malang

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Peringati Hari Gizi Nasional, Mahasiswa KKN17 UMM Adakan Inovasi Makanan Sehat

28 Januari 2020   01:39 Diperbarui: 28 Januari 2020   01:46 27 0 0 Mohon Tunggu...
Peringati Hari Gizi Nasional, Mahasiswa KKN17 UMM Adakan Inovasi Makanan Sehat
Pemateri Menyampaikan Pentingnya Gizi Dalam Tubuh | dokpri

Senin,(27/01/2020). Tangga 25 Januari diperingati sebagai Hari Gizi Nasional .Kelompok KKN 17 Universitas Muhammadiyah Malang mengadakan Inovasi makanan sehat meningkatkan kualitas gizi yang baik . Disini KKN 17 UMM mengundang Ibu Rista Anggraini, S. TP., M. P,M. Sc Dosen ITP Universitas Muhammadiyah Malang ( Selaku Pemateri ).

Dalam memperingati gizi nasional yang dilakukan setiap tahunnya. Mahasiswa KKN17 UMM mengajak masyarakat Desa Brongkal kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang.  Mengingatkan gizi seimbang pada masyarakat Desa Brongkal dan betapa pentingnya mencukupi kebutuhan gizi untuk menunjang kebutuhan tubuh dan kesehatan kita sebagai manusia. 

Disini Ibu Rista Anggraini, S. TP., M. P,M. Sc ( Selaku Pemateri ) Menjelaskan tentang Makanan sehat B2SA. B2SA apa itu ? Beragam, Bergizi, Seimbang, Dan Aman. Aneka ragam bahan pangan, (Sumber karbohidrat, protein, maupun vitamin dan  mineral), yang bila di konsumsi dalam jumlah seimbang dapat memenuhi kecukupan gizi yang dianjurkan serta tidak tercemar bahan berbahaya yang merugikan kesehatan. Komponen nutrisi yang dibutuhkan. KARBOHIDRAT 1 gr= 4kalori , Angka kebutuhan Gizi : 300 gram / hari 1200 kalori. Protein 1 gr =4 kalori, Kebutuhan protein harian orang dewasa : 1gram /kg berat badan. Lemak  1 gr =9 kalori. Konsumsi yang ideal : 20-30% dari total kalori harian. VITAMIN DAN MINERAL disarankan mengonsumsi 5-7 porsi buah dan sayur setiap hari, butuh serat minimal : 25 gram/hari.

Prinsip B2SA
Prinsip B2SA

Gizi Seimbang adalah Empat sehat lima sempurna ( 1950 ) Makanan Pokok Sayur mayur, lauk pauk, buah-buahan dan susu. Konsep ini menekankan pentingnya empat golongan makanan berupa sumber kalori untuk tenaga, protein untuk pembangun, sayur dan buah sumber vitamin dan mineral untuk pemeliharaan . Pedoman UMUM GIZI SEIMBANG / PUGS ( 1994 ) PIRAMIDA MAKANAN, Triguna Makanan.

TRIGUNA MAKANAN
TRIGUNA MAKANAN

Di Hari Gizi ini KKN 17 Universitas Muhammadiyah Malang berupaya memperbaharui dan memperbaiki gizi khususnya di Desa Brongkal. Kita juga memberikan Informasi masyarakat Desa Brongkal  akan pentingnya makanan yang mempunyai gizi yang tinggi bagi tubuh kita. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x