Mohon tunggu...
KKN UM Desa Langlang
KKN UM Desa Langlang Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pengabdian Masyarakat

Tim KKN UM Desa Langlang Kecamatan Singosari Kabupaten Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Upaya Menjaga Kesehatan Melalui Sosialisasi Mencuci Tangan oleh Tim KKN UM Desa Langlang

25 Juli 2021   22:09 Diperbarui: 25 Juli 2021   22:48 26 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Upaya Menjaga Kesehatan Melalui Sosialisasi Mencuci Tangan oleh Tim KKN UM Desa Langlang
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Malang. Hari-hari ini, pemberitaan terhadap jumlah kasus positif terdampak virus Covid-19 masih nihil dengan kabar baik. Jumlah pasien di rumah sakit-rumah sakit di Indonesia selalu bertambah. PPKM Darurat yang dijadwalkan selesai pada tanggal 20 Juli 2021 pun diperpanjang dan berganti menjadi PPKM Level 3--4 yang akan berjalan sampai tanggal 25 Juli 2021. Untuk wilayah Jawa Timur, Kabupaten Malang masuk ke dalam wilayah PPKM Level  3 dan Kota Malang masuk ke dalam wilayah PPKM Level 4.

Segala upaya untuk menekan bertambahnya angka positif terdampak Covid-19 terus dilakukan. Masyarakat selalu diimbau untuk menaati berbagai macam protokol kesehatan agar dapat terhindar dari infeksi virus Covid-19. Salah satu langkah sederhana sebagai upaya mencegah penularan virus Covid-19 adalah dengan rajin mencuci tangan.

Pada hari Kamis (22/7), Anggota KKN Universitas Negeri Malang Desa Langlang bersama dengan adik-adik Sanggar Tari Langlang Buwono melakukan agenda Sosialisasi Mencuci Tangan. Acara sosialisasi ini diadakan sebagai upaya pencegahan terhadap penyebaran virus SARS Covid-19 di Desa Langlang khususnya. Adik-adik juga diberikan video singkat perihal manfaat mecuci tangan dan demonstrasi cara mencuci tangan yang benar. Hal tersebut dilakukan agar adik-adik Sanggar Tari Langlang Buwono dapat mempelajari kembali materi yang telah diberikan saat sosialisasi.

Mentor Sanggar Tari Langlang Buwono, Adira, menuturkan bahwa kegiatan sosialisasi mencuci tangan ini sangat bermanfaat bagi adik-adik sanggar terkhususnya. "Adik-adik sanggar jadi memiliki pengetahuan serta pemahaman tentang pentingnya mencuci tangan terutama setelah latihan tari selesai. Adik-adik juga jadi tahu tentang bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan yang benar," jelas Adira.

"Kami berharap melalui kegiatan sederhana ini, adik-adik dapat lebih memperhatikan kebersihan dan kesehatan diri masing-masing dan tetap bisa berkegiattan dengan aktif," tutur Hasna Safira selaku salah satu dari penanggung jawab acara.

Adapun melalui kegiatan ini, adik-adik dari Sanggar Tari Langlang Buwono mampu mengajak teman-teman sebayanya untuk ikut menjaga kebersihan serta kesehatan diri masing-masing. Meskipun penularan virus SARS Covid-19 terhadap anak-anak tidak sebesar peluang terhadap orang dewasa hingga lansia. Setidaknya melalui kegiatan ini, adik-adik dapat mencegah diri agar tidak menjadi transmiter virus dan selalu waspada terhadap kemungkinan menyebarnya virus.

Penulis

Hasna, Aisyah

Editor

Faizal, Dion

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN