Mohon tunggu...
KKN DR 116 UINSU
KKN DR 116 UINSU Mohon Tunggu... KKN-DR 116 UINSU 2020
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Mahasiswa KKN-DR Kelompok 116 UINSU

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19

14 Agustus 2020   17:35 Diperbarui: 14 Agustus 2020   18:08 199 0 0 Mohon Tunggu...

virus covid-19 muncul pada tahun 2020 memberikan dampak yang luar biasa hampir pada semua bidang, salah satunya pada bidang pendidikan. Dengan munculnya virus covid-19 ini proses pembelajaran berubah dari yang tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh, tetapi dalam keadaan seperti ini pun guru masih tetap harus melaksanakan kewajibannya sebagai pengajar, guru harus memastikan siswa dapat memperoleh ilmu pengetahuan untuk diberikan kepada siswa.

Pembelajaran daring  dimulai pada tanggal 16 maret 2020, dimana anak mulai belajar dari rumahnya masing-masing tanpa perlu pergi kesekolah. Mengenai pembelajaran daring seorang guru harus lebih memahami tentang ilmu teknologi agar pembelajaran jarak jauh tetap berjalan dengan efektf disaat pandemi seperti ini.

Pada awal tahun 2020, dunia sedang waspada dengan sebuah virus yang disebut dengan corona virus yang menyebabkan penyakit covid-19. Penyakit covid-19 adalah penyakit yang menular. Sehingga pemerintah diberbagai negara telah menerapkan lockdown atau karantina.  Dalam pembatasan sosial ini pemerintah Indonesia telah membatas kegiatan di luar rumah seperti kegiatan pendidikan yang telah dilakukan secara online melalui pembelajaran online atau pembelajaran daring.

Pembelajaran online dilakukan dengan sistem belajar jarak jauh. Dimana kegiatan belajar dan mengajar tidak dilakukan secara tatap muka. Pembelajaran dilakukan menggunakan media sosial seperti whatsapp, Classsroom, Zoom, Fb, Twitter, Ig dll.

Dalam pembelajaran online memiliki dampak negatif dan positif. Terdapat beberapa dampak negatif yaitu :

  • Kurang efektifnya sistem belajar mengajar
  • Pelajar sulit dalam memahami materi yang dipelajari
  • Mereka terkadang lupa dengan tugas yang diberikan oleh gurunya

Sehingga kebanyakan peserta didik kurang semangat dalam belajar.

Jadi, apa yang harus dilakukan????

Yaitu dengan cara memberikan motivasi.

Motivasi disini adalah motivasi berasal dari bahasa Latin yaitu kata movere yang memiliki arti dorongan di dalam diri seseorang untuk dapat bertindak sehingga mencapai tujuan tertentu.

Motivasi adalah hasrat, dorongan dan kebutuhan seseorang untuk melakukan aktivitas tertentu. Sehingga motivasi diartikan sebagai kekuatan yang mendorong tindakan menuju suatu tujuan.  Motivasi belajar mengandung usaha untuk mencapai tujuan belajar yaitu pemahaman materi dan pengembangan belajar.

Kurangnya motivasi belajar pada pembelajaran daring disebabkan pada proses pembelajaran daring, sehingga menyebabkan proses belajar yang membosankan. Oleh sebab itu, diperlukan pendorong untuk menggerakkan siswa agar semangat belajar sehingga dapat memiliki prestasi belajar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x