Mohon tunggu...
KKN DR 116 UINSU
KKN DR 116 UINSU Mohon Tunggu... KKN-DR 116 UINSU 2020
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Mahasiswa KKN-DR Kelompok 116 UINSU

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mencegah Covid-19 dengan Cara Islami

13 Agustus 2020   15:54 Diperbarui: 13 Agustus 2020   21:49 89 0 0 Mohon Tunggu...

Dalam upaya berjuang untuk melawan pandemi Covid-19 ini, para ahli dari berbagai negara di seluruh dunia ini sedang berupaya melakukan banyak kajian atau penelitian ilmiah mengenai virus SARS-CoV-2 yang meresahkan banyak orang dan menimbulkan berbagai dampak negative. Masa pandemi Covid-19 memang sudah menjadi takdir,  tidak bisa untuk dipungkiri. 

Semenjak memasuki era New normal dimana semua orang harus mengikuti protocol kesehatan dalam menjalankan kehidupan sehari-harinya, banyak orang ingin meningkatkan kesehatan dan imunitas tubuhnya untuk menangkal virus tersebut.

Berbagai  upaya  pencegahan  penyebaran  virus  Covid-19  pun dilakukan oleh pemerintah di tiap Negara di dunia ini, guna untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19, dalam ajaran agama Islam sendiri banyak sekali anjuran yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjangkitnya virus Covid -19 ini dengan cara yang mudah dan sering kita lakukan.

1.Melakukan Wudhu

Wudhu merupakan salah satu tata cara membersihkan diri dengan tujuan untuk menghilangkan hadas dan najis yang ada di seluruh badan, wudhu termasuk suatu ibadah yang di isyaratkan dalam islam dan wajib di laksanakan sebelum kita melakukan sholat.

Dalam ajaran Islam sendiri sudah mengajarkan kita untuk selalu menjaga kebersihan diri agar terhindar dari berbagai kotoran yang dapat menimbulkan penyakit bagi tubuh. Di dalam gerakan wudhu ini, salah satunya membasuh telapak tangan sampai siku, dan yang kita ketahui mengenai virus Covid-19 ini bisa tertular dari telapak tangan yang kotor dan tidak dibersihkan, dan para ilmuan menganjurkan  kita untuk selalu rajin mencuci tangan agar terhindar dari virus ini.

 Dalam QS. Al --Ma'idah sudah dijelaskan mengenai wudhu, yang berbunyi "Hai, orang --orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan sholat, basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku. 

Sapuhlah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki. Jika kamu junub, mandilah. Jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, bertayammum lah dengan tanah yang baik (bersih). 

Sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat --Nya bagimu supaya kamu bersyukur."(QS. Al-Maidah [5]:6).

2.Konsumsi Makanan yang Halal dan Baik

Covid -19 ini pertama kali di temukan di Cina kota Wuhan, dimana masyarakat disana memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan --makanan yang ekstrim dan tidak layak untuk dimakan, seperti kelelawar, ular dan hewan liar lainnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x