Pengoptimalan sosial media sangat dibutuhkan oleh pelaku UMKM, hal tersebut dikarenakan sosial media sebagai wadah pemasaran mereka. Platform sosial media menjadi media utama pemasaran dan banyak digunakan oleh UMKM. Dengan adanya sosial media, para pelaku UMKM lebih mudah memasarkan produk mereka. Berbagai sosial media yang digunakan pun bervariasi dari Facebook, Whatsapp, Instagram, dan Tiktok. Dari berbagai sosial media tersebut, segment nya pun berbeda-beda dari kalangan remaja sampai semua umur.
Pelatihan digitalisasi usaha yang diadakan oleh kelompok 7 KKN UNEJ dilaksanakan pada tanggal 28 Januari 2023 tepatnya dihari Sabtu pukul 09.00 WIB. Pelatihan tersebut sangat didukung oleh kepala desa untuk memajukan UMKM yang ada di Desa Tegalwaru. Pelaksaan kegiatan bertempat di balai desa tegalwaru dan dihadiri oleh UMKM Desa Tegalwaru, Desa Sidomukti dan Desa Mayang. UMKM yang datang memiliki berbagai jenis usaha seperti makanan, batik hingga anyaman. UMKM tersebut meliputi UMKM Mayang Madu, Mayang Sari Madu, Batik Sekarwaru, Banyuaji, Senja Coffe dan masih banyak lagi UMKM-UMKM lainnya.
Banyaknya peserta yang menghadiri pelatihan digitalisasi usaha dalam rangka pengoptimalan sosial media menunjukkan bahwa pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Mayang sangat tertarik dan mau mengoptimalkan sosial media mereka. Pembahasan sosial media dilakukan oleh dua pemateri yaitu Umar Samawati T (Founder kodekoding) dan Ahmad Kholif (Photographer). Pelatihan digitalisasi usaha yang dibawakan oleh kedua pemateri mencakup diskusi mengenai kendala apa yang mereka alami selama memasarkan produk di sosial media, pembuatan konten di sosial media sampai dengan pembuatan foto produk dari masing-masing UMKM.
Dengan adanya pelatihan digitalisasi usaha diharapkan para pelaku UMKM mampu mengoptimalkan sosial media mereka dengan konten-konten yang menarik, memunculkan karakter produk dan isi konten di sosial media serta foto produk yang lebih bagus.