Mohon tunggu...
David Abdullah
David Abdullah Mohon Tunggu... Lainnya - Pegiat rebahan

Rebahanlah, sebelum rebahan dilarang.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Jika Vaksin Covid-19 Berupa Pil, Masihkah Takut Divaksinasi?

17 Agustus 2021   14:32 Diperbarui: 17 Agustus 2021   14:35 124 26 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jika Vaksin Covid-19 Berupa Pil, Masihkah Takut Divaksinasi?
Ilustrasi vaksin Covid-19 berupa pil (oral). | Credit: Towfiqu barbhuiya / Unsplash.

Pada sebuah momen vaksinasi, terdapat salah seorang pria berbadan kekar serta bertato di lengannya yang menunjukkan ekspresi histeris. Seisi ruangan berhasil dibuatnya terkejut dan heboh.

Ia terlihat sedang duduk dengan kondisi tegang saat akan menerima jatah vaksin Covid-19. Ia memandangi jarum suntik yang akan diberikan petugas yang telah bersiap di sampingnya.

Ternyata, di balik konstruksi badannya yang kokoh serta tatonya yang terlihat amat garang, ia mempunyai ketakutan saat berhadapan dengan jarum suntik.

Karena panik, seorang petugas lain pun ikut membantu guna menenangkannya dan memintanya untuk tidak melihat ke arah jarum suntik yang dibawa petugas.

Namun, tiba-tiba pria itu berteriak saat lengannya baru dioles kapas yang diberi alkohol. Sontak, jeritan histerisnya pun sukses merebut perhatian orang-orang yang berada di sekitarnya.

Belum juga menempel di lengannya, ia menjerit lagi sembari menghindarkan lengannya dari jarum suntik. Beberapa petugas lain sampai harus turun tangan untuk membantunya agar bisa tenang.

Walaupun telah mendapatkan suntikan vaksin, sang pria masih tetap ketakutan. Masker yang ia kenakan bahkan tak bisa menyembunyikan sorot wajahnya yang terlihat tegang. Ia pun sesekali menyeka dahinya yang berkeringat dingin.

Saya jadi penasaran, kira-kira dulu pria garang itu ditatonya pakai alat apa, ya? Disablon atau hanya pakai stiker doang?

Selain pria bertato tersebut, ternyata di luar sana masih banyak lagi orang yang memiliki ketakutan terhadap peralatan medis yang berujung tajam itu.

Ketakutan (fobia) terhadap jarum suntik dikenal dengan istilah "trypanophobia". Hasil sebuah studi pada tahun 2018 yang diterbitkan dalam "Journal of Advanced Nursing", menemukan ada jutaan orang yang memiliki fobia pada jarum suntik di seluruh dunia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan