Mohon tunggu...
Laili Maghfiroh
Laili Maghfiroh Mohon Tunggu... Author

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Begini Rahasianya agar Kulkas Anda Tetap Awet dan Terlihat Seperti Baru

16 September 2019   18:38 Diperbarui: 16 September 2019   18:47 44 0 0 Mohon Tunggu...

Hallo sahabat, saya akan membahas sedikit banyak tentang elektronik. Pastinya hampir setiap rumah memiliki barang elektronik yang paling banyak dipakai ini, yapp! Kulkas. Kulkas atau biasa disebut lemari es atau lemari pendingin ini sangat banyak dijumpai di setiap rumah. 

Kulkas sudah merupakan bagian dari kebutuhan rumah tangga, bagaimana tidak? Setiap bahan pangan dan makanan pasti akan basi dalam hitungan jam atau hari, oleh karenanya perlu diawetkan dengan cara memasukkannya ke dalam kulkas agar bisa kembali digunakan saat dibutuhkan. 

Akan tetapi sahabat, baik buruknya kulkas dapat mempengaruhi kwalitas bahan pangan dan makanan yang ada di dalamnya lhoo. Sehingga kita perlu merawat kulkas agar tetap dalam kondisi bersih, dan bagus. Begini cara merawat kulkas agar tetap awet sebagaimana fungsinya.

1. Atur suhu kulkas

Aturlah suhu atau temperatur kulkas secara berkala. Usahakan suhu ruang kulkas tetap berada sekitar 4C untuk mengoptimalkan isi kulkas tetap dingin dan aman dikonsumsi. Dan aturlah suhu freezer pada suhu 0C agar bahan pangan tetap beku dan tidak mencair.

2. Jangan sering buka pintu kulkas

Gunakanlah kulkas sesuai kebutuhan. Jika anda ingin mengambil barang di kulkas, jangan sampai biarkan pintu terbuka lama. Hal ini dapat menyebabkan kebocoran suhu ruang kulkas yang akan menjadikan kulkas bekerja keras dalam mengoptimalkan suhu ruangnya.
Ketika terjadi pemadaman listrik, jangan dulu anda membuka pintu lemari es anda. Hal ini dikarenakan, akan menurunkan suhu dingin dalam kulkas. Pada saat listrik padam, biasanya kulkas dapat mempertahankan suhu dinginnya selama 24jam. Selama itu, anda disarankan tidak membuka pintu lemari es hingga listrik kembali nyala.

3. Isi kulkas sesuai kapasitas

Setiap kulkas pastinya memiliki kapasitas yang berbeda. Tergantung kebutuhan anda saat membeli, anda bisa memilih kulkas di toko elektronik dengan kapasitas isi kulkas sesuai dengan kebutuhan anda. Sehingga nantinya akan mudah bagi anda memperkirakan apa saja yang dapat anda masukkan ke dalam nya.

Ketika isi kulkas tidak sesuai atau bahkan melebihi kapasitasnya, akan menyebabkan suhu dingin dalam kulkas tidak optimal. Hal ini dapat mengakibatkan bahan pangan atau makanan yang anda simpan di kulkas tidak segar seperti yang diharapkan.
Naah,  anda juga dapat membeli kulkas ini dengan metode pembiayaan elektronik atau akrab dengan cicilan elektronik.

4. Bersihkan interior dan kondensor

Sahabat, jika anda ingin kulkas anda ingin tetap awet dan bagus seperti baru jangan lewatkan pemeliharaan ini. Bersihkan kulkas anda setiap minimal sebulan sekali. Usahakan saat nembersihkan bagian dalam kulkas matikan dulu listrik yang terhubung. Hal ini dikarenakan untuk meringankan kinerja suhu kulkas dan terhindar dari kerusakan kulkas itu sendiri.

Bersihkan setiap rak nya dengan lap kering dan juga rak yang terdapat pada pintu kulkas. Tunggu benar-benar kering. Jangan lupa cek segel atau karet yang menempel pada bagian pintu kulkas apakah masih bisa berfungsi menutup kulkas dengan rapat atau tidak. Jika sudah tidak berfungsi dengan maksimal, anda bisa menggantinya dengan yang baru.

Jangan lupakan bagian terpenting dalam membersihkan kulkas anda ya sahabat. Bersihkan kondensor yang berada di belakang kulkas. Biasanya kondensor yang jarang dibersihkan akan tertutup dengan debu. Kondisi kondensor yang seperti ini dapat menyebabkan pelepasan panas yang tidak sesuai yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulkas anda di kemudian hari.

Nahh itu dia beberapa hal yang dapat sahabat lakukan dalam merawat kulkas anda agar tetap awet dan berfungsi seperti baru lagi.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x