Mohon tunggu...
Bhre Kirana Zein
Bhre Kirana Zein Mohon Tunggu... Hai

Selamat membaca.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Apa Itu Masalah Sosial?

9 Desember 2020   18:17 Diperbarui: 9 Desember 2020   18:29 287 3 0 Mohon Tunggu...

Dunia ini tidak selamanya aman, bahkan dipenuhi dengan banyak sekali hal yang tidak terduga. Manusia hidup dalam berbagai sistem di sekitarnya, hal itu menyebabkan tidak dapat dipungkiri bahwa selalu ada perbedaan yang terjadi. Bagaimana tidak, terdapat miliaran manusia hidup berdampingan pada bumi yang sudah sempit ini. 

Pemikiran individu yang tidak sama harus dipaksakan turut andil dalam menjaga keseimbangan serta perubahan yang terus terjadi beriringan dengan waktu yang berjalan. Perubahan-perubahan tersebut tentu tidak selamanya diterima baik pada ketatanan hidup masyarakat, sehingga menghasilkan berbagai masalah sosial yang terjadi pada bumi yang kita pijak sekarang. Lalu, apa pengertian dari masalah sosial?

Masalah merupakan kejadian atau gejala yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia. Kehidupan manusia merupakan salah satu komponen untuk mencari jalan keluar atas masalah tersebut. Untuk menjalani hidup dengan keberhasilan, tentu manusia harus dapat menghadapi masalah. 

Ada salah satu contoh yang dapat diambil sebagai bentuk perumpaan manusia memecahkan masalah. Pada awalnya, manusia sulit sekali untuk melakukan komunikasi jarak jauh, dibandingkan dengan masa kini, manusia sangat mudah sekali melakukan komunikasi melalui media ponsel. Sudah banyak aplikasi mendukung prosesnya komunikasi dengan baik. 

Bahkan, kita bisa memilih mau berkomunikasi dengan tatap muka melalui fitur video call atau hanya melalui media pesan surat-menyurat. Paparan tadi menggambarkan bahwa, manusia mencari solusi bagaimana mengatasi sulitnya berkomunikasi, sulitnya berkomunikasi tersebut yang dinamakan "masalah".  Dengan demikian, masalah dapat diartikan sebagai kondisi ketidaksesuaiaanya dalam kehidupan manusia yang dapat menyulitkan atau menganggu ketatanan hidup.

Masalah menjadi hambatan dalam kehidupan secara terus-menerus dan membutuhkan pemecah yang sesuai untuk mencari jalan keluar akibat kesenjangan yang terjadi. Masalah terjadi karena kebutuhan mansuia tidak teratas dalam dunia yang fan iini. 

Manusia adalah makhluk yang tidak puas, hal itu dapat dibuktikan dari perilaku amnusia yang selalu mencari solusi atas kondisi yang dianggap tidak sesuai. Misalnya, seorang yang lahir dari keluarga miskin, cenderung akan berusaha mencari jalan keluar dari konsdisi miskinya. Masalah membuat manusia berkembang karena ia mencari jalan keluar atas kejadian yang termasuk dalam indikator suatu masalah sesuai perspektif masing-masing.

Seperti yang sudah dijelaskan diawal manusia adalah makhluk yang yang sosial, yakni tidak dapat hidup sendiri dan harus berdampingan. Sosial merupakan ketergantungan dan bagaimana manusia bekerja sama untuk memenuhi kehidupan. Sedangkan, masalah sosial merupakan suatu kondisi yang tidak sesuai dengan nilai yang dianut oleh Sebagian warga. Abdul Syani dalam bukunya mengatakan bahwa masalah sosial memiliki dua penyebab, yakni:

1. Disorganisasi di dalam masyarakat membuat pertentangan antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.
2. Adanya ketidakmampuan dalam menghadapi inovasi dalam perkembangan ilmu serta teknologi.

Hidup penuh dengan keanekaragaman, masalah akan selalu timbul setelah masalah lainnya tertangani. Walapun masalah bisa dicegah sekuat tenaga, tetapi masalah tidak akan hilang begitu saja. Seperti yang sudah dijelaskan pada pemaparan di atas, sebagai makhluk sosial, manusia perlu berinteraksi, interaksi tersebut menimbulkan berbagai masalah. Dengan demikian, masalah sosial sulit untuk ditangani, mengapa?

1. Masalah sosial bersifat relatif.
Sifat relatif terjadi sebab masalah sosial terkait dengan nilai moral yang dijadikan sebagai pendoman dalam ketatanan masyarakat dalam suatu daerah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN