Mohon tunggu...
Kintana Fatmayanti
Kintana Fatmayanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Time Management Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19

21 Desember 2021   20:49 Diperbarui: 21 Desember 2021   21:17 104 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pandemi covid-19 adalah suatu peristiwa penyebaran penyakit virus Corona di suatu negara bahkan diseluruh dunia. Penyakit ini disebabkan oleh korona virus yang pertama kali terdeteksi dikota wuhan. Tidak sedikit yang berubah dengan adanya korona virus ini. banyak sekali yang perubahan yang kita alami dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kehidupan perekonomian maupun pendidikan. 

Dimana perekonomian dunia sedikit tidak stabil karena adanya korona virus ini dan dalam dunia pendidikan pun tidak dapat berjalan dengan normal. Dimana seluruh siswa harus melakukan kegiatan pembelajaran melalu kelas maya tidak hanya siswa begitu pun mahasiswa.
          

Memasuki dunia perguruan tinggi, maka akan adanya pola belajar yang berubah. Seorang mahasiswa dituntut untuk melakukan semua hal secara mandiri. Kesibukan mahasiswa yang sangat padat adalah hal yang lumrah mulai dari kegiatan perkuliahan, organisasi kampus, penelitian dan lain-lain. jadwal padat inilah yang harus segera diatasi agar semua kegiatan dapat terlaksana dan berjalan dengan efektif dan maksimal.

Pandemi covid ini bukan menjadi hambatan bagi mahasiswa untuk bermalas-malasan. Inilah sebabnya time management sangat dibutuhkan oleh mahasiswa pada masa pandemi covid yang sampai saat ini kita rasakan.Berikut adalah tips yang harus dilakukan oleh para mahasiswa agar tetap produktif dimasa pandemi ini:

1. Membuat jadwal kegiatan
Dengan membuat jadwal kegiatan mahasiswa bisa merencanakan dan mengetahui apa  kegiatan yang ingin mahasiswa lakukan sehingga kegiatan yang kita lakukan lebih teratur dan terjadwal dengan baik.
2. Membuat Prioritas Kegiatan
Dengan membuat Prioritas kegiatan mahasiswa bisa menempatkan Kegiatan sesuai dengan skala prioritas. Dimana mahasiswa sebaiknya mengutamakan kegiatan yang berhubungan dengan dunia perkuliahan terlebih dahulu.
3. Tidak menunda kegiatan
Segeralah melakukan kegiatan yang sudah terjadwalkan sesuai dengan waktu yang dijadwalkan. Karena gaya hidup yang suka menunda pekerjaan akan membuat jadwal yang telah dibuat berantakan sehingga akan menimbulkan rasa malaas untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.
4. Fokus pada satu kegiatan
Salah satu hambatan yang bisa membuang waktu dalam melakukan aktivitas adalah melakukan lebih dari satu kegiatan disatu waktu.
Selesaikan terlebuh dahulu suatu kegiatan sebelum berlanjut ke kegiatan selanjutnya. Lakukan secara bertahap sehingga kegiatan anda menjadi lebih efektif.
5. Menjaga kesehatan
Dimasa pandemi ini akan sangat mudah kita terserang penyakit maka dengan itu tidak hanya seorang mahasiswa saja tetapi semua harus menjaga kesehatan. Dengan tubuh yang sehat kita akan lebih mudah dalam menjalankan kegiatan yang telah kita jadwalkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan