Mohon tunggu...
Kintan ArumDhani
Kintan ArumDhani Mohon Tunggu... freelancer

mahasiswa ilmu komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Media

Citizen Journalism

9 Desember 2019   21:00 Diperbarui: 9 Desember 2019   21:06 2 0 0 Mohon Tunggu...

Citizen jurnalism atau yang lebih dikenal sebagai jurnalisme warga adalah kegiatan berupa mengumpulkan, menjelaskan, dan menyebarkan sebuah informasi. Jurnalisme warga ini merupakan sebuah perkembangan yang ada di era digital, karena dengan berkembangnya teknologi masyarakat dapat dengan mudah mengumpulkan, menjelaskan, dan menyebarkan informasi. Wadah untuk menyebarkan informasi tersebut biasanya melalui media sosial seperti twitter, instagram, dan facebook.

Dengan bermodalkan gadget smartphone saat ini sudah bisa menjadi citizen journalis. Mekanisme citizen journalism adalah mengabadikan sebuah peristiwa dengan smartphone nya, kemudian diupload ke sosial media dengan menambahkan caption mengenai peristiwa tersebut. Para media mainstream seperti televisi mempunyai banyak citizen journalism yang mengirimkan hasilnya ke media tersebut, namun untuk ditayangkan harus tetap kembali melakukan verifikasi informasi.

Para pekerja media terkadang terbantu dengan adanya citizen journalism, Ariesta Wahyu salah seorang reporter di media televisi mengatakan bahwa "citizen journalism ini terkadang membantu kita dalam kerjaan karena informasi jadi lebih cepat didapat, namun terkadang juga bisa membuat kerjaan kami sebagai praktisi media menjadi keruh karena terkadang mereka sebagai yang menyebarkan informasi tidak tahu mengenai fakta dari informasi tersebut, jadi ketika informasi tersebut hoax kamilah para pekerja media yang disalahkan". Inilah yang membedakan antara jurnalis profesional dengan citizen journalism.

 Seorang jurnalis profesional berada dalam wadah yang mempunyai regulasi, dan juga diatur oleh undang-undang mengenai wartawan, sedangkan seorang citizen journalism tidak mempunyai pedoman yang menjadi panduan setiap kali melaksanakan kegiatan jurnalistik. Dengan adanya citizen journalism masyarakat juga terbantu karena cepat mendapatkan informasi, namun masyarakat juga harus tetap hati-hati bila mendapatkan informasi dari citizen journalism karena terkadang mereka tidak mementingkan kebenaran dari informasi tersebut.

Harapan untuk citizen journalism dari seorang reporter yaitu adalah semoga citizen journalism kedepannya lebih memperhatikan kebenaran dari informasi tersebut dengan mengecek kembali informasinya, serta dalam mempublikasi informasi tersebut harus memperhatikan dampak yang ditimbulkan dari informasi tersebut bila disebar.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x