Mohon tunggu...
Kinari Ghranesia
Kinari Ghranesia Mohon Tunggu... Tulisan sang guru

Seorang guru yang hobi menulis. Semoga tulisan saya memberi manfaat untuk semua pengunjung blog kompasiana saya.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Tips Dapat Asuransi Mobil Murah yang Terjamin

12 Juni 2019   11:39 Diperbarui: 12 Juni 2019   11:53 0 0 1 Mohon Tunggu...

Asuransi mobil murah memang banyak dicari dan banyak jadi impian para pemilik kendaraan beroda empat. Pasalnya, pengemudi bisa merasa aman selama berkendara tanpa harus miris melihat tagihan premi yang datang tiap bulan. Tapi, kerap kali segala hal yang berbau murah cenderung beresiko tinggi. Mulai dari kesulitan klaim atau malah kena tipu total. Benarkah harga premi proteksi kendaraan mobil yang bersahabat dengan dompet hanyalah angan belaka?

Tidak! Sebetulnya ada lho tips supaya kamu bisa dapat asuransi mobil yang tidak mahal tapi jaminan bukan abal-abal. Penasaran? baca terus ya!

Tips pertama: Tentukan definisi murah
Duit seratus ribu untuk seorang anak sekolah dasar yang berasal dari keluarga menengah kebawah itu banyak, tapi lain cerita dengan buah hati selebriti terkenal dengan pasangan miliyader. Premi ratusan ribu untuk melindungi kendaraan kesayangan bisa terasa mahal untuk beberapa orang tapi terasa seperti duit receh untuk sebagian orang. Intinya, yang namanya harga murah sangatlah relatif.

Carilah perusahaan asuransi yang sesuai dengan kelas dan kebutuhan kamu. Cobalah membuat catatan keuangan, minimal selama sebulan. Tentukan dengan baik masing-masing anggaran hidup kamu termasuk untuk premi asuransi. Dengan mengerti betul berapa banyak uang yang kamu miliki, akan jauh lebih mudah untuk memahami batas murah dan mahal kamu.

Tips kedua: Gunakan website pembanding asuransi mobil
Asuransi tetaplah bisnis. Ada biaya operasi yang harus dikeluarkan dari premi yang dibayarkan oleh nasabah. Besarnya biaya operasi tentu dipengaruhi apa saja jaminan yang dijanjikan apabila tiba masa klaim. Otomatis, asuransi dengan fasilitas melimpah dan tebal akan berharga lebih tinggi dibanding yang memiliki fasilitas tipis.

Ekspektasi boleh tinggi tapi haruslah sadar diri. Kamu telah mengetahui anggaran yang kamu punya, kini pilihlah asuransi dengan fasilitas mumpuni sesuai dengan anggaran "kantong" kamu. Haruskah kamu keliling dari satu agen asuransi mobil ke yang lain untuk menemukan asuransi dengan fasilitas yang kamu mau dengan premi sesuai keinginan kamu? Boleh saja, tapi akan makan banyak waktu.

Teknologi dibuat untuk memudahkan kehidupan manusia. Dibanding kamu lari kalang kabut belum tentu dapat asuransi kendaraan yang kamu inginkan, sudah begitu bisa saja kamu memaksa dapat karena mencari malah tidak sesuai keinginan, lebih baik gunakan web pembanding asuransi. Cek premi.com misalkan, web satu ini menyediakan fasilitas pembandingan semua asuransi dalam waktu singkat. Mencari asuransi mobil murah menjadi lebih mudah.

Okenya lagi, kamu bisa langsung memesan begitu menemukan "jodoh" asuransi untuk kendaraan mobil murah versi kamu di web cek premi.

Tips ketiga: Pahami faktor yang mempengaruhi premi kamu
Sebelumnya telah dijelaskan bahwa asuransi mobil adalah bisnis. Lebih tepatnya bisnis membagikan resiko secara merata pada kumpulan orang. Artinya, dalam satu grup berisi nasabah, masing-masing berkontribusi dana yang dicairkan apabila memiliki resiko. Masalahnya, ada beberapa nasabah dalam grup yang mungkin lebih cepat dalam mencairkan dana dibanding yang lain. Bisa jadi, kamu adalah tipe nasabah beresiko tinggi yang segera klaim dalam waktu dekat setelah bergabung.

Bagaimana perusahaan asuransi bisa "cenayang" apakah kamu nasabah yang memiliki resiko tinggi? Hal ini di prediksi
dari beberapa faktor berikut:
- Tipe mobil. Semakin "wah" atau borjes suatu mobil memiliki resiko tinggi. Mobil mahal model terbaru rawan akan pencurian dan sekali rusak biaya perbaikannya bisa bikin sakit kepala. Mobil murah juga memiliki resiko gampang rusak sehingga kamu mungkin ingin dana cair secepatnya.
-Usia kamu. Semakin muda, umumnya kamu dianggap lebih ugal-ugalan dan terlibat kecelakaan.
-Penggunaan mobil. Mobil yang dipakai pribadi biasanya dijaga hati-hati sehingga tidak gampang terkena masalah, beda dengan komersil yang tidak jelas nasibnya di esok hari. Alias, mobil komersil bisa lebih gampang bermasalah.

Nah, kamu sudah lebih tahu bagaimana mengira-ngira prediksi premi nantinya berdasarkan faktor yang ada, kamu sudah tahu anggran, dan fasilitas serta premi yang ditawarkan. Sekarang semua bergantung kamu untuk mendapatkan asuransi mobil murah yang sesuai dengan diri dan kendaraan kamu. Selamat memilih!