Mohon tunggu...
Kinanti AmiraPutri
Kinanti AmiraPutri Mohon Tunggu... A strong hope can make your dreams come true🎇

👑👑

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kriteria Guru yang Baik

22 September 2019   08:32 Diperbarui: 22 September 2019   09:02 0 15 3 Mohon Tunggu...

Bapak Dr.H.Agus Maimun M.Pd (Dekan FITK) mengatakan untuk menjadi seorang guru yang diinginkan siswa yaitu harus memperhatikan 4 hal:

1.Memiliki kompetensi kepribadian (murah senyum)

2.Memiliki kompetensi sosial(ramah)

3.Memiliki kompentensi profesional (penguasaan ilmu terhadap jurusan yang dipilih)

4.Memiliki pedagosis (cara pembelajaran yang baik di kelas)

Dengan dimilikinya potensi kebpribadian yaitu setiap orang pasti memiliki karakteristik yang berbeda,salah satu contohnya yaitu murah senyum,karena senyum adalah power kita entah kita merasa sedih,senang sekalipun jika tersenyum,semua yang melihat kita juga akan tersenyum dan menyenangkan suasana hati.

Kedua yaitu dengan dimilikinya potensi profesional contohnya adalah keramahan,baik itu ramah dengan guru,staff,atau sesamanya dan terutama seorang guru juga harus ramah dengan murid.

Selain itu juga harus memperhatikan kompetensi profesional yaitu harus bisa menguasai ilmu di bidangnya baik itu pengetahuan atau pengalaman yang luas.Karena dengan adanya pengetahuan dan pengalaman yang luas akan mudah untuk mengajari anak didik dan memberi pengarahan kepadanya.

Kompetensi pedagosis yaitu bagaimana cara kita untuk mengajari anak didik,bagaimana cara kita mengatur pembelajaran di kelas.Kekhasan pengelolaan pembelajaran peserta didik akan menjadi suatu ciri khas yang berbeda dengan guru lain dan akan membantu menentukan tingkat keberhasilan proses dan hasil pembelajaran peserta didiknya.

Kemudian untuk mencapai itu semua,kita harus didukung dari segi kurikulum,budaya dan ulul albab.Kurikulum lama dan kurikulum baru sangatlah berbeda.Jadi,sebagai guru yang berpotensi harus bisa menguasai semua kurikulum.