Mohon tunggu...
Ananda kelana kinanti pakpahan
Ananda kelana kinanti pakpahan Mohon Tunggu... Freelancer - Seorang perempuan sederhana tapi tak sesederhana itu

Dreamer

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Bisnis Bangkrut dan Gulung Tikar! Siapkah?

3 Agustus 2022   15:20 Diperbarui: 3 Agustus 2022   19:52 343 3 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber : https://thumb.viva.co.id

SEMUA BANGKRUT DAN GULUNG TIKAR.

Tatanan Dunia Baru Benar-Benar Terjadi!!

SIAPKAN!!! Ini tren bisnis yang akan terjadi dalam 10 tahun kedepan.

Apa yang akan terjadi dalam dunia bisnis Indonesia hingga tahun 2030

Sebuah kalimat menggugah saya kalimatnya begini, "Apa yang akan terjadi dalam dunia bisnis Indonesia hingga tahun 2030?"

Apa jawabnya?, maka saya akan pilih dulu bagian per bagian yaitu bagian pasar atau market dan bagian perilaku customer. Setuju, ya? Kita membahas mengenai kaum milenial. Kaum milenial adalah mereka yang lahir di sekitar tahun 1981 hingga tahun 2005. 

Nah saat ini merupakan Early Adopter dari calon orang kaya. 50% manusia produktif Indonesia saat ini adalah kaum milenial dan di tahun 2030 70% lebih angkatan kerja produktif nya adalah kaum milenial, juga orang kayanya adalah kaum milenial.  

Kita overview mengenai Tiga Gelombang Besar bisnis di Indonesia, dimana informasi ini masih akan relevan hingga 10 tahun kedepan yang akan anda hadapi yaitu tiga masalah disrupsi. 

Tiga disrupsi besar ini telah terjadi. Kalau anda bukan seorang entrepreneur maka anda akan melihat disruption sebagai sebuah ancaman tetapi kalau anda seorang entrepreneur maka inilah Masa dimana kita menyebutnya the whole new world of bisnis, dunia baru dalam bidang bisnis.  

Saat ini ada banyak jutaan peluang, walaupun disisi lain ada jutaan pekerjaan tutup, ribuan bisnis baru tumbuh dan ribuan bisnis lama juga mati, Nah itu disrupsion yang baru. Di disruption saat ini, misalnya Matahari dan Ramayana dibunuh oleh Bukalapak dan Tokopedia, Travel Agent dibunuh oleh Traveloka. Tetapi dibalik itu ada jutaan peluang yang tumbuh, jadi kalau ada yang mati pasti ada yang lahir. 

Anda mau bagian yang mana, ikut bagian yang mati atau ikut bagian yang lahir ?

Ketika ada 50 produk bisnis dibunuh oleh milenial, Maka kalau ada yang mati pasti ada yang lahir. Traveloka itu bagian dari yang lahir karena muncul yang namanya online travel agent dan efeknya banyak travelagent offline yang mati karena bisnis model mereka sudah tidak relevan kedepan. 

Saya akan ceritakan mengenai tiga disrupsion yang sekarang mulai banyak orang yang ketakutan luar biasa, tiga Big Giant wave di Indonesia yang mendeskripsikan pasar dan mendistribusi perilaku konsumen terutama perusahaan-perusahaan seperti Indofood, Astra, Mayora, Kalbe, Farma dan yang besar lainnya sedang shock sekarang karena tiba-tiba muncul pemain yang sama sekali tidak dikenal tiba-tiba muncul dan tiba-tiba merusak semuanya, Gojek misalnya. Hanya dalam waktu sembilan tahun Gojek memulai bisnisnya. Ada yang tahu berapa market value-nya? lebih dari 10 billion dollar dan kalau dirupiahkan berapa 150 triliun.

Garuda anda tahu berapa Market valuation nya? tidak sampai 40 trilliun.  Bayangkan dari 40 tahun itu merangkaknya pelan-pelan sampai sekarang tidak sampai 100 trilliun. Yang satu lagi eksponensial dalam 9 tahun melejit hingga 150 triliun. Jadi perusahaan milenial itu seperti tidak ada asetnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan