Mohon tunggu...
Wahyu Barata
Wahyu Barata Mohon Tunggu... Marketing Perbankan

Wahyu Barata.Lahir di Garut 21 Oktober 1973. Menulis puisi, cerita pendek,dan artikel. Tulisan-tulisannya pernah dimuat di Sari Kata, majalah Aksara , Media Bersama, Kompas, Harian On Line Kabar Indonesia, beberapa antologi bersama, dan lain-lain.Kini bekerja sebagai marketing perbankan tinggal di Bandung.

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Bijak Belanja Menjelang Lebaran

7 Mei 2021   23:48 Diperbarui: 8 Mei 2021   00:09 268 3 0 Mohon Tunggu...

Beberapa hari lagi umat Islam akan merayakan hari kemenangan, hari raya Idul Fitri, setelah sebulan penuh berpuasa. Tetapi di tahun sekarang pun masih di tengah pandemi covid-19. Masih harus mentaati kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar di beberapa daerah. Aktivitas lebaran pun masih harus dilakukan di rumah dan di lingkungan sekitar.

Banyak orang merasa perlu menyediakan berbagai hidangan maupun baju lebaran, hingga harus berbelanja untuk memenuhinya. Pemerintah tidak melarang masyarakat berbelanja, tetapi jangan sampai menimbulkan kerumunan di tempat perbelanjaan, apa lagi sampai mengabaikan dan melanggar protokol kesehatan. Atau sebaiknya berbelanja secara on line saja.

Menjelang lebaran anggaran belanja bulanan selama bulan Ramadhan sampai menjelang Lebaran biasanya bertambah.

Kita sebaiknya berbelanja dengan bijak  untuk menghemat uang dan waktu.Tips-tips ini bisa kita lakukan dalam  merencanakan anggaran belanja agar kita tidak boros saat berbelanja untuk memenuhi kebutuhan kita, meskipun kita menerima THR  yang besarnya sama dengan gaji :

1). Kita sebaiknya berbelanja jauh hari sebelum bulan Ramadhan dan Lebaran tiba, sebelum harga bahan-bahan mulai naik. Sehingga kita dapat menghemat pengeluaran.

2). Sebelum berbelanja lihat apa yang kita miliki. Buatlah daftar apa yang harus dibeli. Sehingga kita tidak perlu membeli barang yang ternyata sudah dimiliki.  Kalau perangkat alat salat, peci, baju taqwa, mukena, sajadah masih bagus-bagus dan bersih, masih bisa kita pakai, tidak perlu membeli yang baru. Kalau ingin membeli baju baru untuk sendiri atau untuk dibagi-bagikan saat Lebaran tiba, kita bisa memanfaatkan moment diskon besar-besaran di toko-toko fashion, mall, supermarket,  atau on line shop. Tetapi harus teliti dan cermat memilih barang diskon.

3). Tinjau lagi daftar apa yang harus dibeli. Kita perlu memilah mana barang yang kita butuhkan dan mana barang yang hanya diinginkan. Kebutuhan pokok dulu kita prioritaskan untuk sehari-hari di bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri.

4). Sebelum berbelanja kita bisa mencari informasi yang ada diskon besar-besaran  menjelang Lebaran, di toko, supermarket, mall, maupun on line shop. Sebaiknya kita cek dulu harga-harga barang yang mau dibeli.  Bila belanjanya di on line shop kita bisa cek beberapa market place dan membandingkan harganya. Di jaman now bisa dicek secara on line. Kita akan tahu berapa harga standarnya, dan menyiapkan uangnya sesuai kebutuhan. Tetapi tetap bijak saat berbelanja, agar pengeluaran lebih hemat. Kita harus pandai menghindarkan diri dari membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan hanya karena label diskon.

5). Memanfaatkan kartu kredit di saat tertentu memang memudahkan, tetapi menjelang Lebaran jangan digunakan dulu, biar tidak pusing membayar tagihan nantinya.

6). Berbelanja di saat bad mood apa lagi sambil emosi akan merugikan diri sendiri. Memilih waktu yang tepat untuk berbelanja sangat penting. Lebih baik berbelanja setelah kita berbuka puasa saat perasaan tenang, ramah, dan nyaman.

7). Mengajak teman atau saudara yang bisa mengingatkan kita, sangat baik, sebab ada yang mengoreksi kita saat berbelanja, sehingga kita terbantu dalam mengontrol pengeluaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN