Mohon tunggu...
Wahyu Barata
Wahyu Barata Mohon Tunggu... Marketing Perbankan

Wahyu Barata.Lahir di Garut 21 Oktober 1973. Menulis puisi, cerita pendek,dan artikel. Tulisan-tulisannya pernah dimuat di Sari Kata, majalah Aksara , Media Bersama, Kompas, Harian On Line Kabar Indonesia, beberapa antologi bersama, dan lain-lain.Kini bekerja di BNI Syariah Bandung dan tinggal di Bandung.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Arti dan Manfaat Ngeblog

30 Oktober 2020   16:37 Diperbarui: 30 Oktober 2020   16:42 20 9 0 Mohon Tunggu...

Blog adalah website berisi konten tulisan, biasanya berisi konten-konten artikel jurnal pribadi seperti catatan harian, keluh kesah,karya, opini, hingga hal-hal sepele. Konten-konten artikel ditampilkan berurutan dari postingan terbaru sampai yan terlama, berbentuk postingan teks, agar lebih menarik dan meyakinkan ditambah gambar, link dan video, yang ditulis oleh seorang atau beberapa penulis dengan tujuan tertentu.

Ngeblog  tidak hanya berdasarkan platform blogger.com, bisa juga berdasarkan platform lain seperti wordpress,  typepad, medium,dan sebagainya, yang memudahkan user membuat halaman web yang akan diisi konten artikel. Di situ kita bisa berbagi pengalaman aktifitas sehari-hari, ilmu pengetahuan, atau pandangan terhadap berbagai hal yang terjadi di sekitar.

Menulis secara on line melalui website buatan sendiri, wordpress,atau blog, disebut Blogging, penulisnya disebut Blogger. Membuat atau mengelola web log (blog) disebut Mengeblog, bahasa gaulnya Ngeblog.

Dengan ngeblog kita bisa menyalurkan hobi menulis, film, olah raga, fotografi, desain, olah raga, seni, dan lain-lain. Apa yang kita unggah bisa diakses semua pengguna internet di seluruh dunia. Biar lebih mantap dan seru sebaiknya karya yang diunggah di blog karya kita sendiri, dengan upaya melatih kejujuran blogger.Kita juga dituntut untuk selalu menambah dan mengembangkan berbagai macam wawasan baru, agar konten yang kita bagikan  melalui web log ada yang baru dan tidak monoton.

Akun twitter atau facebook bisa kita manfaatkan untuk ngeblog, tetapi karena lahannya terbatas, aktifitas di media sosial disebut mikroblog, yang menjadi titik kesadaran seorang blogger memberikan yang terbaik untuk pembacanya atau followersnya.

Beberapa manfaat ngeblog :

- Menambah penghasilan. Banyak orang berlomba-lomba menjadi blogger karena akan dibayar dengan rupiah atau dollar Amerika Serikat.

- Ngeblog membuat kita terus berpikir apa yang akan diposting berikutnya. Tetapi jangan dicopy paste dari blog atau sumber lain. Kita dituntut untuk selalu kreatif dan berwawasan luas akan hal baru di sekitar kita. Kita wajib mampu menulis artikel dengan gaya bahasa sendiri dan selalu berpikir untuk menempatkan kata-kata dan kalimat yang sesuai dengan artikel yang kita tulis.

- Biasanya setiap blogger bergabung di komunitas tertentu (komunitas blogger) di bidang yang sama atau di daerah yang sama, berteman banyak, dan selalu mengetahui hal baru yang banyak dibicarakan.

- Ngeblog sama dengan menulis. Kita dituntut harus lebih pintar, harus banyak membaca dan mencari referensi ilmu dan pengetahuan berbagai hal. Mencari referensi dengan cara membaca secara teratur akan meningkatkan kecerdasan wawasan kita.

- Dengan ngeblog bukan tidak mungkin suatu saat kita menjadi terkenal dan penghasilan bertambah.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x