Mohon tunggu...
Wahyu Barata
Wahyu Barata Mohon Tunggu... Marketing Perbankan

Wahyu Barata.Lahir di Garut 21 Oktober 1973. Menulis puisi, cerita pendek,dan artikel. Tulisan-tulisannya pernah dimuat di Sari Kata, majalah Aksara , Media Bersama, Kompas, Harian On Line Kabar Indonesia, beberapa antologi bersama, dan lain-lain.Kini bekerja di BNI Syariah Bandung dan tinggal di Bandung.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

In Memoriam Listyo Bramantyo, Indonesian Boomerang Master

16 Mei 2019   13:49 Diperbarui: 17 Mei 2019   14:34 0 0 0 Mohon Tunggu...
In Memoriam Listyo Bramantyo, Indonesian Boomerang  Master
Foto diri Listyo Bramantyo dan Beberapa masterpiece bumerang art karyanya. Foto koleksi Listyo Bramantyo, sebelumnya ia mengizinkan saya mengupload foto ini.

Pada hari Rabu, 15 Mei 2019, dunia bumerang Indonesia dan internasional telah kehilangan salah satu putra terbaiknya. Listyo Bramantyo ( 22 Juli 1969-15 Mei 2019) menghembuskan nafas terakhir pada pukul 17.30 WIB setelah berjuang melawan serangan jantung dan dirawat di Rumah Sakit PKU Ahmad Dahlan Yogyakarta sejak hari Minggu pagi, 12 Mei 2019.

Berbagai ucapan dan doa duka cita menghiasi media sosial, seperti face book, twitter, instagram, mengantar kepergian Legenda Bumerang Indonesia yang selalu tampil sederhana, bersahaja, dan humoris itu.

Para pelempar bumerang di Indonesia dan bahkan di berbagai belahan dunia pada hari ini  akan meluangkan waktu untuk berdoa dan memberikan video olah raga lempar bumerang sebagai penghargaan untuk dedikasi Listyo Bramantyo kepada dunia bumerang.

Listyo menempuh pendidikan terakhir di Pendidikan Bahasa Inggris (S1) IKIP (Sekarang Universitas) Sanata Dharma Yogyakarta.Pernah bekerja sebagai manajer toko tanaman hias di kawasan Jl. Kaliurang. Setelah ke luar bekerja  dia kembali menekuni pembuatan bumerang.

Listyo membuat bumerang sejak tahun 1990. Kemudian menjadi pembuat bumerang dari  Indonesia pertama yang mendapat kehormatannya di peringkat pertama dekorasi bumerang dan peringkat ke dua penampilan terbaik di kategori Aesthetic Competition World Boomerang  Championship 2018 yang diselenggarakan oleh  Oscar Cuartas Boomerang Foundation, di Albuquerque, New Mexico, Amerika Serikat. ( Lihat pada foto beberapa master piece bumerang art karya Listyo Bramantyo di atas, bumerang yang di bagian kanan bawah yang mendapat penghargaan ini).

Listyo membuat bumerang kompetisi dan dekoratif. Dia benar-benar menyempurnakan pembuatan bumerangnya dan sekarang mendapat  penghargaan sebagai master pengrajin bumerang sejati.

Pria yang berasal dari Kota Gede Yogyakarta ini adalah Master, Maestro, Guru, Pak Dhe, Sahabat, terutama untuk para penggemar dan pelempar bumeramg pemula, yang semasa hidupnya banyak memberi masukan tentang teknik membuat bumerang  atau teknik  bermain bumerang dengan baik.

Pada tanggal 24 April 2011 di Yogyakarta Listyo Bramantyo bersama Yudhiana Ardisoma, Muhammad Haikal Zarkasyi, dan para pecinta bumerang lainnya menjadi perintis berdirinya Asosiasi Bumerang Indonesia, dan menjadi ketuanya yang pertama.

Terakhir kali saya bercakap dengan Mas List ( panggilan akrab kami kepada Mas Listyo) melalui pesan whatss app, dia mengatakan kepada saya, " Semoga terealisasi saya akan dinobatkan sebagai satu-satunya orang yang membuat semua jenis bumerang mulai dari bumerang natural elbow, art, dan kompetisi."