Mohon tunggu...
Humaniora

Ingin Sukses dalam Mengajar?

16 November 2017   12:32 Diperbarui: 16 November 2017   12:35 0 0 0 Mohon Tunggu...

Sebagai seorang guru, kita harus mengetahui bagaimana cara mengajar dengan baik agar mudah untuk berinteraksi dengan peserta didik. Dengan mempunyai keterampilan dasar mengajar, seorang guru akan dengan mudah dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Keterampilan dasar mengajar adalah kemampuan/keterampilan yang bersifat mendasar yang wajib dikuasi oleh guru/tenaga pendidik. Nah, disini saya akan memberi tau apa saja sih keterampilan dasar dalam mengajar.

1. Keterampilan dalam bertanya

Disini bertanya ada 2 sesi, yaitu sesi awal sebelum pelajaran dimulai dan sesi akhir setelah pelajaran dimulai. Untuk awal pelajaran guru dapat mengetahui pengetahuan peserta didik dalam suatu materi yang akan diajarkan. Sedangkan, pada akhir pelajaran, seorang guru dapat mengetahui apakah para peserta didik tersebut paham dengan apa yang telah diajarkan.

2. Keterampilan mengadakan variasi

Variasi dalam hal ini adalah perubahan cara dalam menjelaskan suatu materi. Seorang guru harus memiliki banyak ide atau cara untuk menjelaskan suatu materi kepada peserta didik. Hal ini dapat membuat peserta didik tidak bosan dan tidak fokus di dalam kegiatan pembelajaran.

3. Keterampilan dalam menjelaskan

Seorang guru harus memiliki cara yang baik dalam menjelaskan suatu materi. Karena salah satu suksesnya dalam belajar adalah bagaimana seorang guru menjelaskan baik secara lisan maupun secara tulisan. Jika seorang guru memiliki cara yang baik dalam menjelaskan. Hal itu dapat mempermudah peserta didik dalam memahami materi yang diajarkan.

4, Keterampilan membuka dan menutup pelajaran

Maksudnya adalah cara seorang guru dalam memulai pelajaran dan mengakhiri pelajaran. Di awal pembukaan sebelum pelajaran dimulai, seorang guru harus bisa membangkitkan minat, mental, dan konsentrasi peserta didik. Dan di akhir pelajaran juga harus ada penutupan yang baik, seperti memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya, dan guru juga harus memberikan kesimpulan materi yang telah diajarkan, atau juga bisa dengan memberikan penghargaan atau hadiah kepada peserta didik yang telah mengikuti pelajaran dengan antusias. Hal itu dapat memicu peserta didik untuk selalu antusias dan fokus di saat kegiatan pembelajaran berlangsung.

5. Keterampilan mengelola kelas

Pengelolaan kelas yang baik dan kondusif akan sangat berpengaruh terhadap kegiatan pembelajaran berlangsung. Karena suasana kelas sangat dipengaruhi bagaimana seorang guru dalam mengelola kelas tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x