Mohon tunggu...
kika andira
kika andira Mohon Tunggu... Mahasiswa - malang

sarana dalam pengumpulan tugas tugas

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Identitas Negara Indonesia

28 Oktober 2021   04:56 Diperbarui: 28 Oktober 2021   05:16 32 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Identitas Nasional

Setiap manusia atau setiap tempat pasti memiliki identitas. Identitas ini sebagai penanda dari setiap pemiliki identitas. Identitas ini bisa berupa nama, ciri khas, gelar, dan lain lain. Seperti setiap manusia yang memiliki nama, tanggal kelahiran,gelar. Dan juga sebuah tempat yang memiliki isentitas seperti ciri khas contoh nya seperti di Kota Malang yang di kenal sebagai kota dingin karena Kota Malang di kelilingi olrh banyak gunung dan pegunungan. Indonesia juga memiliki identitas yaitu identitas nasional. Identitas dalam kamus besar bahasa Indonesia memiliki arti sebagai jati diri. Nasional dalam kamus besar bahasa Indonesia memiliki arti bersifat kebangsaan, berasal dari bangsa sendiri, meliputi suatu bangsa. Jadi identitas nasional adalah jati diri yang dimiliki suatu bangsa.  

Seperti halnya identitas yang pasti selalu dimiliki oleh manusia Indonesia juga memiliki identitas. Berikut adalah faktor faktor yang mendukung munculnya identitas Indonesia.

  • Faktor objektif bisa dilihat dari kondisi geografi dan ekologi yang dimiliki Indonesia. Indonesia merupakan wilayah kepulauan yang beriklim tropis dan terletak pada jalur komunikasi antar wilayah dunia.
  • Faktor subjektif bisa dilihat dari sosial politik dan kebudayaan yang ada pada negara tersebut.

Berikut ini merupakan identitas dan simbol simbol yang dimiliki Indonesia.

  • Tanggal kelahiran atau tanggal kemerdekaan yaitu pada tanggal 17 Agustus 1945. Dan sekarang di tahun 2021 indonesia sudah berumur 76 tahun. Di balik kemerdekaan Indonesia ini banyak perjuangan para pahlawan dalam menjadikan kemerdekaan bagi Indonesia.
  • Bendera merah putih merupakan simbol bagi bangsa Indonesia sebagai bendera negara. Merah yang memiliki arti berani dan putih yang berarti suci. Bendera ini pada saat itu dijahit oleh Ibu Fatmawati yang merupakan istri Presiden soekarno.
  • Lagu kebangsaan yaitu lagu Indonesia Raya yang di tulis oleh WR Soepratman. Lagu Indonesai Raya pertama kali diperdengarkan pada tanggal 28 Oktober 1928 yaitu pada konggres pemuda II.
  • Lambing negara Indonesia yaitu burung garuda yang memiliki 8 bulu pada ekor, 17 bulu pada masing masing sayap, 19 bulu pada pangkal ekor, 45 bulu pada leher. Di kaki burung garuda juga ada pita yang tertulis bhineka tunggal ika, dan juga perisai yang beirisi 5 sila yang ada di Indonesia.
  • Kata bhineka tunggal ika yang juga ada pada burung garuda memiliki arti yaitu berbeda beda tetapi tetap satu jua. Kalimat ini ada karena Indonesia memiliki banyak sekali keragaman daerah, bahasa, budaya, ras, suku, dan lain lain. Dengan adanya semboyan ini bisa menjadi pemersatu pada peberdaan yang ada.
  • Pancasila juga ada pada burung garuda. Pancasila sebagai dasar negara yang memiliki arti dan makna pada setiap silanya.
  • Indonesia juga memiliki sejarah pada setiap masa setiap perjalanan untuk bisa menjadika Indonesia menjadi negara yang merdeka hingga sekarang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan