Mohon tunggu...
Kiji Mei
Kiji Mei Mohon Tunggu... KURANGI NGELUH, KENCENGIN SYUKUR

Berproseslah hingga kata "Bermanfaat" kan melekat pada dirimu

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Penyuluhan Jajanan Sehat oleh Mahasiswa KKN UNRI di SDN 004 Desa Candi Rejo Indragiri Hulu

17 Januari 2020   00:00 Diperbarui: 17 Januari 2020   00:03 37 0 0 Mohon Tunggu...
Penyuluhan Jajanan Sehat oleh Mahasiswa KKN UNRI di SDN 004 Desa Candi Rejo Indragiri Hulu
dok. pribadi

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Universitas Riau Desa Candi Rejo telah melakukan sosialisasi penyuluhan jajanan sehat kepada siswa-siswi SDN 004 Candi Rejo pada Kamis (18/7/2019).

Makanan Jajanan sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat, baik di perkotaan maupun di perdesaan. Anak-anak dari berbagai golongan usia pada umumnya menyukai jajanan.

Budaya "jajan" menjadi bagian dari keseharian hampir semua kelompok usia dan kelas sosial, termasuk anak usia sekolah dan remaja. Kandungan zat gizi pada makanan jajanan bervariasi, tergantung dari jenisnya yaitu sebagaimana kita ketahui makanan utama, makanan kecil (snack), maupun minuman.

Makanan jajanan memiliki beberapa keunggulan, akan tetapi makanan jajanan diduga masih beresiko terhadap kesehatan. Proses pengolahan yang tidak higienis, adanya campuran pengawet, dll.

Hal ini mengakibatkan makanan jajanan perlu dihindari dan dikurangi untuk dikonsumsi. Terlebih bagi anak yang tidak terbiasa sarapan pagi. Di mana, jajanan adalah makanan pertama kali yang masuk kedalam pencernaan. Hal ini kurang baik bagi kesehatan dan kognitif anak saat menjalani pembelajaran di sekolah.

Kegiatan ini dilaksanakan di dalam Musholla SDN 004 Candi Rejo dikarenakan sekolah tersebut tidak memiliki Aula pertemuan. Pemateri dalam kegiatan ini yaitu Annisa Andriani selaku mahasiswa KUKERTA UNRI 2019 Desa Candi Rejo. Materi disajikan dalam bentuk power point.

Selain materi, juga terdapat video animasi yang dapat mengedukasi siswa/i SDN 04 Candi Rejo. Kemudian, diadakan sesi tanya jawab dan diberikan hadiah bagi siswa-siswii yang berani bertanya dan menjawab pertanyaan yang ditanyakan oleh pemateri. 

Terakhir, foto bersama sebagai dokumentasi dan penorehan tanda tangan oleh mahasiswa kukerta kepada siswa-siswi yang meminta sebagai kenang-kenangan.

Antusias siswa-siswi terhadap sosialisasi tersebut, membuat kegiatan berjalan dengan lancar dan siswa-siswi dapat menerima penyampaian materi dengan baik. Selanjutnya, diharapkan siswa-siswi dapat mengaplikasikan materi yang telah disampaikan dan bijak dalam memilih jajanan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x