Mohon tunggu...
Mas
Mas Mohon Tunggu... Freelancer - yesterday afternoon a writer, working for my country, a writer, a reader, all views of my writing are personal
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

There is so much weariness and disappointment in travel that people have to open up – in railway trains, over a fire, on the decks of steamers, and in the palm courts of hotels on a rainy day. They have to pass the time somehow, and they can pass it only with themselves. Like the characters in Chekhov they have no reserves – you learn the most intimate secrets. You get an impression of a world peopled by eccentrics, of odd professions, almost incredible stupidities, and, to balance them, amazing endurances— Graham Greene, The Lawless Roads (1939)

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Dari A ke Z: Idealisme Milenial Penting untuk Anda

3 Januari 2022   19:38 Diperbarui: 3 Januari 2022   19:49 319
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: socialmediaweek.org

Sambil meneguk segelas kopi cukup nyaman, luas, banyak tempat duduk serta memiliki taman terbuka hijau yang menyegarkan di mata. Tanahnya sendiri tidak rata dan dibuat berundak, jadi area belakangnya dibuat semacam menuruni bukit. Saya melihat melihat seorang wanita muda membalikkan rambutnya ke samping. 

Akarnya bersinar. Ia menarik lengan sweternya ke ujung jarinya, mengangkat bahu dengan yakin bahwa dunia adalah miliknya, dan saya berpikir: bagaimana Anda akan bertahan di dunia kerja?

Atau mungkin itu proyeksi. Suatu saat saya melihat wanita muda mengepang rambut temannya sambil mengenakan rok sepanjang mata kaki di sebuah festival musik. Tiga bulan kemudian, saya menatap ke seberang meja, kaki wanita muda itu diisi dengan sepatu hak murah. Ini bukan apa yang saya pikirkan. Ini tidak menyelamatkan dunia. Itu bahkan tidak menyenangkan.

Namun terlepas dari ancaman realitas yang menghancurkan, saya pikir sifat idealis milenial adalah hal yang baik, begini alasannya:

Pertama, idealisme menanamkan rasa percaya diri. Tidak ada orang waras dengan kurangnya keterampilan dan pengalaman yang sebanding yang akan memiliki kepercayaan diri seperti yang dimiliki generasi millennial. Tapi kepercayaan diri adalah nama permainan karir. 

Seperti yang dikatakan profesor hukum Tim Wu kepada penulis Wesley Yang untuk artikel New Yorker tahun 2011 , "Orang memiliki naluri yang sangat penting: untuk memberi kesan bahwa mereka hanya akan melakukan pekerjaan yang benar-benar penting. 

Anda seorang gelandang." Ini dalam konteks perbedaan budaya Asia dan Kulit Putih, tetapi saya pikir pentingnya kepercayaan di dunia kerja berlaku untuk semua milenial.

Menengok ke belakang, kepercayaan diri saya dalam hal pekerjaan dan menulis biasanya salah arah. Jika saya tahu betapa besar perbedaan antara saya yang baru lulus menulis dan orang-orang yang menulis untuk mencari nafkah, saya tidak akan pernah mencoba menjadi penulis lepas. Jadi saya tidak akan pernah berhasil.

Idealisme saya tumpah ke area lain dalam hidup saya, dan terkadang membuat saya mendapat masalah. Keseimbangan itu mengejutkan saya untuk mengingat berapa banyak hal yang telah berhasil baik karena atau terlepas dari kenyataan bahwa saya pikir mereka akan berhasil. "Kamu menjalani kehidupan yang mempesona," kata ibuku. Saya pikir keajaiban adalah percaya diri.

Kedua, hasil penelitian menunjukkan bahwa idealisme baik untuk sebuah hubungan. Mengidealkan pasangan romantis Anda memperlambat penurunan substansial dalam kepuasan bela diri di antara pengantin baru setelah tiga tahun. Dan sepertinya tidak ada yang namanya terlalu idealisme. 

Dalam penelitian ini, mereka yang awalnya mengidealkan pasangannya paling banyak mengalami penurunan kepuasan. (Temuan ini mengendalikan kemungkinan bahwa orang yang "lebih baik" mungkin berada dalam hubungan yang lebih baik).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun