Mohon tunggu...
Mas
Mas Mohon Tunggu... Freelancer - yesterday afternoon a writer, working for my country, a writer, a reader, all views of my writing are personal
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

There is so much weariness and disappointment in travel that people have to open up – in railway trains, over a fire, on the decks of steamers, and in the palm courts of hotels on a rainy day. They have to pass the time somehow, and they can pass it only with themselves. Like the characters in Chekhov they have no reserves – you learn the most intimate secrets. You get an impression of a world peopled by eccentrics, of odd professions, almost incredible stupidities, and, to balance them, amazing endurances— Graham Greene, The Lawless Roads (1939)

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Inikah Alasan Menulis Menjadi Kekayaan Anda

3 Januari 2022   15:20 Diperbarui: 3 Januari 2022   16:13 137 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: www.dreamstime.com

Seni menulis harus ada dalam daftar spesies yang terancam punah. Pikirkan tentang ini jika Anda sedang berusaha menyampaikan pesan Anda ke publik. 

Pada dasarnya, menulis adalah mengkomunikasikan ide kepada pembaca dengan cara yang menarik dan jelas. Tidak masalah jika Anda menulis tentang masyarakat ataupun organisasi rahasia semisal Mengulik Freemason yang Pernah Singgah di Cirebon dan Inikah Organisasi Rahasia Dunia yang Katanya Terselubung? Tentu ini hanya sekedar contoh.  

Tulisan yang baik menunjukkan pikiran Anda, dan jika Anda mencoba untuk memenangkan pembaca, konsep "Anda hanya memiliki satu kesempatan untuk membuat kesan pertama yang baik" itu berlaku.

Jika Anda melihat email yang Anda terima dari berbagai orang, Anda mungkin akan mengamati bahwa banyak orang berada di dunia yang bermasalah. 

Anda dapat mengetahui banyak hal tentang seseorang dari cara mereka menulis. Pikirkan seperti ini --- jika Anda menulis surat kepada seseorang untuk pertama kalinya, mereka akan mendapatkan kesan pertama mereka tentang Anda pada email Anda. Itulah betapa pentingnya keterampilan menulis Anda. 

Di hari ini, terutama di masa krisis pandemi Covid-19, kesan yang Anda buat saat berkomunikasi dengan seseorang sama pentingnya dengan bertemu langsung.

Sepertinya banyak orang yang tidak menyempatkan diri untuk menulis dengan baik. Mungkin kita sudah terlalu dikondisikan untuk berkirim pesan atau berkomunikasi melalui media sosial sehingga kita menjadi malas. Apapun alasannya, bagaimana Anda menulis akan menjadi penting dalam bagaimana orang lain memandang Anda. 

Ini bahkan berlaku jika Anda berpikir Anda tidak perlu menulis karena Anda akan menyampaikan pesan Anda melalui pidato atau video. Nah, kecuali Anda benar-benar luar biasa, kebanyakan orang menghasilkan ceramah yang sangat baik dan video yang dinamis dengan menyusun naskah yang dibuat terlebih dahulu. Itu tidak terjadi secara kebetulan.

Anda mungkin membaca dan berkata, "Saya akan menyewa seorang penulis untuk orang lain." Itu semua baik dan bagus, tetapi seorang penulis bayangan membutuhkan sesuatu yang menjadi dasar pekerjaan yang mereka lakukan untuk Anda. Hal ini benar ketika pesan Anda, Anda mempercayakan orang lain untuk memproduksinya.

Seorang penulis bayangan menceritakan kisah bahwa ia harus menulis buku untuk seseorang dan meminta klien untuk ide-ide yang ia inginkan dalam buku itu. Ia menerima tepat tiga kalimat untuk diubah menjadi buku setebal 150 halaman. Di lain waktu, ia menerima sepuluh halaman catatan yang terputus-putus sehingga ia mengirim kembali satu kata, untuk meminta klien menjelaskan apa yang diinginkannya.

Ketika Anda bertanya kepada seseorang yang banyak menulis tentang cara terbaik untuk menjadi penulis yang lebih baik, Anda mendapatkan beberapa jawaban. Anda akan mengabaikan penulis yang berkata, "Anda menjadi sangat baik dalam menulis saat pukul 14:00 WIB, dan Anda tidak memiliki apa pun di layar PC Anda dengan tenggat waktu pukul 16:00 WIB." Mari kita lihat ide-ide yang lebih konstruktif yang akan mendorong Anda ke dalam kategori "tertulis dengan baik".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan