Mohon tunggu...
Kiara Dwiva Ardian
Kiara Dwiva Ardian Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Airlangga 2021

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

21 Juni 2022   20:40 Diperbarui: 21 Juni 2022   20:52 90 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sebagai manusia sudah seharusnya kita peduli tentang hal-hal disekitar kita, salah taunya yaitu tentang kesehatan mental yang dimana hal tersebut memengaruhi bagaimana seseorang berpikir, merasakan, dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tidak semua orang memiliki kesehatan mental yang normal. 

Ada juga beberapa orang yang kesehatan mentalnya terganggu atau biasa disebut gangguan kesehatan mental. 

Gangguan kesehatan mental merupakan salah satu hal yang seringkali dianggap remeh oleh beberapa orang, namun nyatanya hal tersebut merupakan suatu hal yang penting yang harus diperhatikan karena banyak sekali orang yang mengalaminya dan bahkan dapat berujung pada hal-hal yang tidak diinginkan. 

Kurangnya edukasi serta pengetahuan tentang gangguan kesehatan mental menjadikan masyarakat kurang respect tentang betapa pentingnya kesehatan mental bagi seseorang.

Terdapat beberapa jenis gangguan kesehatan mental yang banyak dialami masyarakat salah satunya anxiety disorders atau gangguan kecemasan

Gangguan kecemasan merupakan rasa cemas yang dimiliki seseorang secara berlebihan yang tidak dapat dikontrol serta tanpa ada alasan yang kuat. 

Bahkan gangguan kecemasan yang sudah tergolong parah dapat menganggu aktivitas sehari-hari bagi orang yang mengalaminya.

Selain itu, terdapat beberapa jenis gangguan kecemasan seperti Generalized Anxiety Disorder (GAD), panic disorder (gangguan panik), social anxiety disorder (gangguan kecemasan sosial), separation anxiety disorder (gangguan kecemasan berpisah), dan lain-lain. 

Bedasarkan jenis-jenis gangguan kecemasan tersebut tentunya semua memiliki kondisi serta penyebab yang berbeda-beda. 

Gejala dan tanda-tanda yang ditimbulkan juga berbeda-berbeda namun secara garis besar gejala yang dialami diantaranya, mudah merasa lelah, kesulitan untuk berkonsentrasi, merasa gelisah terus-menerus, jantung berdebar-debar, berkeringat dan gemetar, merasa pusing dan mual, hingga mengalami gangguan tidur atau insomnia.

Menurut para ahli, terdapat beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab seseorang mengalami anxiety disorder yaitu, kejadian traumatis yang terjadi di masa lalu, faktor lingkungan baik lingkungan keluarga maupun lingkungan sosial, atau dapat disebabkan karena masalah kesehatan tertentu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan