Mohon tunggu...
Nyi Ismayawati
Nyi Ismayawati Mohon Tunggu... Urip sakmadya

Ngupaya upa

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Bertanam Sayur di Halaman Sempit

28 November 2020   09:28 Diperbarui: 28 November 2020   09:47 167 27 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bertanam Sayur di Halaman Sempit
Foto sendiri.


Halaman perumahan di perkotaan pada masa kini memang sempit-sempit namun demikian tetap bisa dimaksimalkan untuk memperindah rumah kita dengan ditanami bebungaan atau sayuran. Selain sebagai penghijauan juga untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga.

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman dan mengajak pembaca untuk menanam sayur kangkung di lahan sangat sempit berukuran 1m persegi saja. Bisa 1 x 1m, 0,5 x 2m, atau memanjang 0,25 x 4m. Penanamannya menggunakan wadah bisa berupa pot plastik atau gerabah, bekas kaleng cat, bekas tempat kue, bekas tempat hantaran makanan, ember plastik, atau polibag, terserah mana yang anda miliki.

Media utama yang dibutuhkan tentu saja tanah yang dapat dicari di sekitar tempat tinggal atau humus dan kompos yang dapat dibeli di pasar bunga. Jika menggunakan tanah gunakan yang tidak terlalu banyak pasirnya. Jika menggunakan humus dan kompos pilih yang sedikit campuran sekam (kulit padi) atau cocofit (olahan sabut kelapa) sebab berdasarkan pengalaman saya zat hara-nya sedikit sekali alias kurang subur.

Cara penanaman ini, merupakan penanaman tanpa penyemaian bibit.

Wadah hantaran makanan, polibag, pupuk NPK, dan 10 gram benih kangkung. Foto sendiri
Wadah hantaran makanan, polibag, pupuk NPK, dan 10 gram benih kangkung. Foto sendiri
Foto sendiri.
Foto sendiri.
Foto sendiri.
Foto sendiri.
Foto sendiri.
Foto sendiri.
Perlengkapan dan peralatan.
1. Delapan ( 8 ) buah wadah ukuran 20 x 25 cm atau 30 x 35 cm untuk ukuran lahan 1 x 1 m.

2. Tiga ( 3 ) zak humus dan kompos atau 0,5 m kubik tanah subur.

3. 10 gram benih kangkung.

3. 20 gram pupuk NPK

Cara penanaman.
1.  Aduk humus dan tanah dengan baik hingga rata lalu masukkan ke dalam wadah sebanyak 75% dari volume wadah tersebut.

2. Kemudian ratakan permukaan tanah humus dalam wadah tersebut lalu colok dengan ujung jari sebanyak 6 - 8 titik lobang untuk menaruh 1-2 biji benih sayur kangkung setiap.
3. Tiga hari kemudian akan tumbuh tunas baru dan pada hari ke 5 akan tumbuh sekitar 3-6 cm. Tergantung kesuburan tanah dan intensitas sinar matahari.

Tiap lobang cukup dua biji benih. Foto sendiri.
Tiap lobang cukup dua biji benih. Foto sendiri.
Umur 5 hari.
Umur 5 hari.
Cara perawatan.
1. Pada usia tanam hari kelima bisa diberi pupuk NPK dengan cara ditaburkan sebanyak sepertiga sendok teh untuk setiap wadah. Dan ulangi pada hari ke 15 - 18. Pemupukan dengan sisa potongan sayur akan mengundang lalat dan tikus tanah serta menyebarkan bau kurang sedap jika tidak difermentasi dulu.

2. Sirami setiap wadah paling tidak tiga hari sekali dengan 100 cc atau setengah gelas air atau leri yaitu air bekas cucian beras. Bisa juga menyiram dengan air bekas cucian daging namun ini bisa mengundang lalat dan tikus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x