Mohon tunggu...
khusnul ashar
khusnul ashar Mohon Tunggu... Editor - ordinary people

Lahir di Lamongan, sekarang tinggal di Malang

Selanjutnya

Tutup

Life Hack

7 Tips Mendapatkan yang Terbaik dari Kampus

13 November 2021   08:03 Diperbarui: 13 November 2021   08:05 84 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto: Dokumentasi Pribadi


Kehidupan kampus adalah masa indah bagi siapapun yang pernah menjadi mahasiswa. Pengalaman baru, masa muda, dan tumbuh dewasa. Apa yang harus dilakukan setiap mahasiswa? Bagaimana cara memperoleh yang terbaik dari masa kuliah Anda? Artikel yang ditulis oleh editor laman Dumb Little Man edisi 17 Agustus 2021   memberikan 7 tips menarik tentang cara melakukannya.

Apa yang membuat kehidupan mahasiswa begitu unik?
Kehidupan kampus adalah waktu dimana kita melakukan penentuan nasib sendiri, pencarian kebutuhan rohani, munculnya ide-ide norak, dan memilih jalan hidup sendiri.
Tentu ada begitu banyak literatur yang harus dibaca dan tugas-tugas kuliah yang mesti dikerjakan. Semuanya harus dijadwal dengan baik dan diselesaikan tepat waktu.
Untuk mengurangi stres, meningkatkan rasa percaya diri, dan memiliki lebih banyak waktu luang untuk bersantai, mengembangkan hobi, dan  kebersamaan dengan teman, mahasiswa membutuhkan aktivitas yang positif.
Masa kuliah bukan hanya melulu belajar bukan? mahasiswa harus memiliki cukup waktu untuk bersantai dan menyegarkan energi untuk meraih pengalaman baru.
Kita tidak boleh lupa bahwa di perguruan tinggi, mahasiswa perlu belajar pengorganisasian diri dan disiplin. Memang ada sebagian mahasiswa yang kuliah sambil bekerja atau memulai sebuah keluarga, tetapi kewajiban yang menantang seperti itu tidak bisa menghilangkan kesenangan masa muda di kehidupan kampus.
Belajar tidak boleh terus menerus sepanjang waktu, karena kita bisa kelelahan dan menjadi jenuh. Jadi apa yang bisa dilakukan selain belajar dan mengerjakan tugas kuliah ? Simaklah 7 tip dibawah ini.

1. Olahraga
Pertimbangkan untuk bergabung dengan klub olahraga. Olahraga menawarkan banyak manfaat bagi kaum muda :
a.Kesehatan
Olahraga teratur menormalkan tekanan darah, mempercepat metabolisme, meningkatkan aktivitas otak, dan mencegah penuaan dini.
b.Suasana hati yang menyenangkan
Semburan energi biasanya mengikuti kelelahan yang menyenangkan setelah berolahraga. Tubuh memerlukan stabilisasi psiko-emosional yang bisa mencegah depresi.
c.Kekuatan
Berolahraga bisa meningkatkan harga diri. Fisik menjadi lebih kuat, lentur dan indah. Meningkatkan stamina tubuh akan membangun karakter positif dan membuka peluang pergaulan baru.
d.Pengayaan oksigen
Selama berolahraga, kerja sistem pernapasan dioptimalkan. Hasilnya adalah terjadi aliran oksigen dalam jumlah besar ke setiap sel dalam tubuh. Setelah pengayaan seperti itu, sirkulasi darah dan refleks meningkat, yang mengarah pada fungsi otot yang lebih baik.
e.Stabilisasi berat badan
Olahraga teratur membuat berat badan lebih stabil.

2. Sukarelawan ( Volunteering )
Menjadi mahasiswa adalah mengenai perolehan kesempatan terlibat pada even-even yang menarik. Kita akan menyadari betapa pentingnya membangun hubungan dengan orang lain selama melakukan kegiatan bersama. Relawan tidak hanya bermanfaat bagi orang lain tetapi juga mendapatkan banyak manfaat bagi diri sendiri. Selain itu, pekerjaan sukarela akan disambut baik oleh pemberi kerja dan Lembaga-lembaga sosial kemasyarakatan. Melakukan kerja relawan  pasti akan meningkatkan tampilan curriculum-vitae seseorang.

3. Bepergian ( traveling )
Kehidupan kampus adalah waktu terbaik untuk melakukan traveling dalam kelompok atau mandiri. Sering ada diskon yang tersedia dari operator penerbangan/kereta api serta hotel. Disamping itu mahasiswa juga memiliki peluang besar untuk mengikuti program pertukaran pelajar atau seminar dan lokakarya ke negara lain. Mereka dapat menggabungkan studi mereka dengan pengalaman budaya baru. Rajin-rajinlah memburu informasi di kampus internet. Persiapkan diri dengan sungguh-sungguh untuk bisa mengikuti even-even tersebut.

4. Kelas tambahan
Jika universitas/fakultas menawarkan kuliah atau kelas tambahan yang terkait dengan prodi mahasiswa, ini adalah kesempatan bagus untuk mendapatkan pengetahuan tambahan dan memperoleh keterampilan baru. Ini akan sangat berkontribusi pada resume masa depan dan membantu anda menemukan pekerjaan impian di masa depan.

5. Berorganisasi
Bergabung dalam organisasi intra atau ekstra kampus akan memberikan kesempatan mahasiswa meningkatkan soft-skill yang sangat diperlukan dalam kehidupan dan karir ( kemampuan bekerja sama, membangun relasi-relasi baru, bekerja dengan target, dan skill memahami pendapat orang lain, dsb). Pilihan organisasi yang bisa diikuti bisa berupa perkumpulan sesama hobi dan minat dalam bidang apa saja. Tidak ada salahnya mencoba membangun relasi sesama minat dengan teman-teman dari negara lain. Kuasailah bahasa Inggris dengan belajar sendiri dari you tube.

6. Uang pertama
Tahun-tahun kuliah juga merupakan kesempatan untuk mendapatkan uang pertama Anda. Tidak ada perasaan yang lebih baik atau lebih memuaskan bagi mahasiswa daripada ketika menerima penghasilan pertama. Mahasiswa dapat menemukan pekerjaan pertama dengan memulai usaha-usaha rintisan sendiri atau dengan teman. Bisa juga mencoba menawarkan diri untuk ikut membantu kegiatan proyek-proyek dosen, atau menemui pimpinan fakultas/jurusan untuk diberi kesempatan membantu kesibukan fakultas/jurusan. Tidak ada salahnya mendatangi pusat-pusat kajian atau laboratorium di kampus yang sekiranya memerlukan partisipasi anda.
Merintis kegiatan sosial bersama kawan-kawan se-visi bisa menjadi rintisan berdirinya sebuah lembaga swadaya yang mapan dengan jaringan nasional/internasional. Dana bisa kita peroleh dengan cara membuat kegiatan nyata dalam skala rintisan, kemudian rajin mengirim proposal rencana pengembangannya ke institusi pemerintah/swasta/lembaga donor yang se-visi baik dari dalam maupun luar negeri. Lembaga besar seperti Ashoka; Grameen Bank; Green-Peace; Mitra Bisnis Keluarga dll dirintis oleh anak-anak muda yang mempunyai minat menolong sesama di bidang pendidikan, permodalan, pelestarian lingkungan dsb.

7. Kemandirian dan otonomi
Bagi mahasiswa rantau, tidak ada lagi pertolongan dan bantuan kerabat/orang tua yang bisa diperoleh setiap saat. Sudah waktunya bagi seseorang untuk belajar bertanggung jawab atas diri mereka sendiri saat mereka masih muda dan memiliki hak untuk melakukan kesalahan. Tanggung jawab dunia-akhirat benar-benar ada di tangan anda sendiri.

Penutup.
Menjadi mahasiswa adalah era yang luar biasa, penuh dengan peluang, keberhasilan dan kegagalan, keputusan cerdas, dan kesalahan. Periode dalam kehidupan sebagai mahasiswa ini tidak lama, sehingga setiap mahasiswa harus memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya. Daftar kegiatan di artikel ini dapat membantu apa saja yang bisa dilakukan agar mahasiswa memperoleh pengalaman penting sebagai bekal memasuki kehidupan dewasa di masyarakat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan