Fiksiislami

Ikhtiar dan Berdoa

2 Agustus 2018   12:24 Diperbarui: 2 Agustus 2018   12:31 225 1 0

Pergi ke eropa (Swedia) :

Semua orang pasti mempunyai mimpi dan bermimpi, mimpi seseorang berbeda-beda entah mimpi itu sederhana atau bahkan tinggi setinggi menjulang langit dan ketika jatuh kebawah mungkin sakit. Hehehe!!!

Dalam hadist al-quran menjelaskan bahwa mimipi itu ada, mimpi merupakan pemberian dari allah yang di berikan kepada seseorang lewat tidurnya. Ada tiga macam mimpi : (1) Mimpi sebagai kabar gembira dari Allah, yakni yang baik dan benar. (2) Mimpi permainan syetan. (3) Mimpi yang terjadi akibat angan-angan diri sendiri.

- Mimpi yang baik/kabar gembira dari Allah (ru'ya shalihah) adalah mimpi yang dialami oleh orang-orang yang shalih dan mimpi ini adalah mimpi yang benar.

- Mimpi hasil permainan syetan adalah mimpi yang tidak berarti sama sekali dan tidak perlu untuk di ta'wil.

- Mimpi yang terjadi akibat angan-angan diri sendiri seperti orang yang dalam keadaan lapar, lalu tertidur dan bermimpi makan.

Mimpi berlaku pada semuanya mau itu anak kecil, remaja bahkan yang tua sekali pun. Kebanyakan bilang " Mimpi itu hanyalah bunga tidur " ya bunga tidur yang bisa kita rasa namun tak terjadi. Makna ini dipakai karena mimpi dianggap sebagai hiasan saja. Tapi bagaimana bila mimpi itu pada akhirnya benar-benar terjadi? Semuanya Wallahu A'lam, artinya ialah Allah lah yang Maha Mengetahui. Itu berlaku padaku, 

Aku kayra putri bermimpi ingin pergi ke negara eropa tepatnya di negara swedia. Entah itu hanya sebuah mimpi belaka atau sebuah hayalan semata yang menjelaskan ke 3 dari hadist mimpi. Yang jelas allah maha mewujudkan semua yang belum terjadi. Aku juga tidak tau sejak dari kapan aku sangat menyukai negara itu yang jelas tiba-tiba aku selalu bermimpi ingin pergikesana. 

Kenapa aku memilih negara tersebut sebagai mimpiku entah aku juga tidak tau yang pasti aku ingin menikmati indahnya negara swedia, makanan disana tak lupa menikmati dinginnya salju. Karena semenjak dari kecil aku tak pernah tau bagaimana salju. Apakah mungkin mimpiku dapat terwujud atau bahkan tidak sama sekali?. Entah kapan mimpi itu dapat terwujud semua itu masih tanda tanya besar.

Dalam riwayat Al-Bukhari dari Abi Sa'id Al-Khudzriy, Rasulullah bersabda:

Artinya : " Mimpi yang baik adalah bagian dari 46 bagian kenabian "

Bercita-cita jadi dokter :

Selain aku bermimpi ingin pergi ke swedia, aku juga bermimpi dan bercita-cita menjadi seorang dokter apakah mungkin orang sepertiku bisa mewujudkan mimpi dan cita-cita, sedangkan aku hanyalah orang miskin lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) lihat orang tuaku saja siapa bekerja sebagai apa, Ayahku yang hanya seorang buruh serabutan dan ibuku yang seorang ibu rumah tangga. 

Di tambah lagi aku seringkali di kucilkan oleh semua orang karena mimpi dan cita-citaku " Buat apa bermimpi dan bercita-cita setinggi langit tidak akan bisa paling juga nanti kamu bukan menjadi dokter tapi menjadi pengangguran mimpi itu jangan tinggi-tinggi, udah lah urungkan saja mimpi dan cita-citamu itu. "

( Hanya terdiam dan menghela nafas astagfiruallah )

Aku hanya terdiam tanpa membalas satu kata dari mereka, terlintas dalam benak fikiran negatifku sebenarnya apa yang di katakan mereka itu ada benarnya juga niat hati aku ingin mengurungkan niatku tetapi seketika niatku berubah kembali. Aah.. aku yakin bahwa di dunia ini tidak ada yang mungkin pasti semua bisa terjadi Allah tidak pernah tidur dalam al-quran juga disebutkan ketika Allah sudah menakdirkan " Man Jadda WaJada " yang artinya " Barang siapa bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil " Bagi allah hal besar dan sekecil apa pun bisa terjadi. Kita sebagai manusia hanya bisa berserah, bertawakal, bersabar, berdoa, dan pantang menyerah. Selebihnya allah lah yang menetukan. Karena sesungguhnya sebelum kita terlahir di dunia ini sudah diriwayatkan dalam garis tangan kehidupan dari allah yaitu jodoh, rezeki dan maut.

Ketika mimpi dan cita-cita inginku raih dan genggam namun kegagalan demi kegagalan, putus asa selalu ada di dalam hidupku. Saat aku ingin mendaftar ke perguruan tinggi ibu dan ayahku tidak memiliki banyak uang meskipun ada jalur khusus peringanan biaya (sbmptn) tetapi itu kan cuma hanya sebatas peringanan selebihnya dari mana?. Heem.. Aku hanya tertunduk lemah terdiam merenungi nasibku. Aku termenung merenungi nasibku, tanpa aku sadari aku bangkit kembali buat apa berlama-lama merenungi nasib tidak akan merubah segalanya kalau aku hanya begini saja.

" Satu kegagalan awal dari kesuksesan "

Dari satu kegagalan aku belajar untuk bangkit kembali. Meskipun aku tau itu menyakitkan tapi buat apa kita berlama-lama menahan rasa sakit yang tidak akan merubah segalanya kalau kita hanya diam dalam rasa sakit. Aku kembali bangkit jalur sbmptn telah gagal aku memilih jalur yang lain untuk dapat masuk perguruan tinggi dan mengambil fakultas kedokteran. 

Yaitu jalur beasiswa meskipun aku tau jalur yang aku ambil ini tidak lah mudah bagiku, jalur beasiswa ini hanya untuk orang-orang yang benar-benar memiliki kemampuan yang sangatlah cerdas sedangkan aku, hehe.. Cukuplah tidak bodoh-bodoh amat. Tapi aku tetap yakin dengan apa yang aku lakukan. Mencoba, bertarung dang berjuang dulu apa salahnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6