Mohon tunggu...
Ang Tek Khun
Ang Tek Khun Mohon Tunggu... Freelancer - Alumnus Psikologi Universitas Surabaya (Ubaya), penerap psikologi di konseling (probono), literasi (baca-tulis-editor-penerbitan), dan strategi platform & konten media sosial. Suka berkomunitas sejak kuliah di Surabaya. Gemar disuruh nulis secara naratif, storytelling dan menggunakan gaya romantik

pengecer kisah di IG @angtekkhun1 - curhat kota di catatanjogja.id - cerita literasi di ceritakhun.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

September Bulan Kesadaran Aneurisma, Ini Cara Canggih Mengatasinya

20 September 2021   14:42 Diperbarui: 20 September 2021   14:58 71 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
September Bulan Kesadaran Aneurisma, Ini Cara Canggih Mengatasinya
Ilustrasi Bulan Kesadaran Aneurisma (image: pixabay)

Aneurisma itu kata yang cantik, ya kan? Bisa dong dicomot dan dimasukkan ke dalam daftar nama-nama bayi. Mau? Ups, jangan tergesa. Pahami dulu ini nama apa sih. Jika tidak, bayi Anda bisa minder sejak dalam kandungan.

ANEURISMA itu bisa diibaratkan jerawat. Hanya saja, letaknya bukan di Bundaran HI (hidung dan sekitarnya). Enggak akan sih mengurangi senyum molekmu saat kamu nggaya berswafoto untuk Instastory.

Pengin tahu letaknya?

Tersembunyi loh!

Yuk, mari kita ngulik tentang "baliau"nya ini.

Secara lengkap, dia disebut Aneurisma otak. Dijabarkan sebagai tonjolan (ballooning) pada  pembuluh darah otak. Tonjolan ini rapuh, bermukim di bagian yang lemah dari pembuluh darah di otak kamu.

Enggak seperti jerawat yang bisa dibiarin begitu saja--kuat-kuatan menahan rasa malu atau disembunyikan rapat-rapat pakai masker dobel. Aneurisma ini wajib diobati. Kalau enggak, amit-amit banget, Aneurisma bisa pecah dan menyebabkan stroke. Ngeri, kan?

Dari mana datangnya Aneurisma? Paling banyak sih karena terjadinya penumpukan kolesterol di situ--pembuluh nadi. Jika ditambah tekanan darah tinggi, wah serem juga sih. Bisa membuat pertambahan lebar pembuluh darah ketika dinding pembuluh darah melemah.

Namun, harap segera dicatat ya bahwa Aneurisma otak bukan dikarenakan faktor keturunan (genetik). Bukan! Dia tuh berkembang seiring sejalan dengan penambahan usia kita. Jadi, Aneurisma otak bisa terjadi pada siapa saja. Artis juga, misalnya Sharon Stone dan sang pemeran Game of Throne Emilia Clarke.

Umumnya nih, sebelum pecah, Aneurisma tidak menunjukkan gejala yang menonjol. Itu sebabnya seseorang dianjurkan untuk melakukan brain check-up secara berkala. Jangan remehkan, diperkirakan sekitar 500.000 orang meninggal setiap tahunnya loh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan