Mohon tunggu...
Khrisna Abyan Yahya
Khrisna Abyan Yahya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, Fakultas Psikologi kelas Internasional

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Apakah Anda Insecure?

28 September 2021   14:24 Diperbarui: 28 September 2021   14:26 48 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Apakah Anda Insecure?
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Siapapun yang punya akun media sosial, media sosial jenis apapun itu pasti pernah mendengar/melihat kata "Insecure", biasanya dilontarkan netizen sebagai ejekan kepada seseorang, akan tetapi masih banyak orang yang masih salah paham dengan kata ini.

Insecure atau perasaan tidak aman adalah perasaan inferior terhadap manusia lain, Abraham Maslow menerangkan bahwa "orang Insecure adalah orang yang melihat dunia sebagai hutan yang berbahaya, penuh dengan manusia yang berbahaya dan egois, orang Insecure memiliki perasaan tertolak atau terisolasi dari masyarakat, gelisah dan agresif, pesimis dan tidak bahagia, Self esteem yang rendah dan memiliki sifat yang egosentris atau egois." (Maslow, 1942, pp 35).

Tanda-tanda Insecurity menurut alodokter.com meliputi :

  • Mencoba memuat orang lain merasa insecure

Orang Insecure cenderung memiliki sifat merendahkan orang lain menggunakan kelebihan mereka, supaya mereka tampak hebat di hadapan orang lain atau supaya mereka merasa lebih baik dari orang lain.

  • Memamerkan diri secara samar

Orang Insecure memiliki kecenderungan untuk seakan-akan merendahkan diri tetapi sebenarnya sombong dengan samar, seperti mengeluh tentang uang mereka yang saking banyaknya sampai dompetnya terlalu tebal.

  • Menceritakan pencapaian mereka setiap memiliki kesempatan

Seseorang yang Insecure adalah orang yang merasa inferior atau kurang berkemampuan dari orang lain, Perasaan ini membuat mereka ingin menceritakan betapa hebatnya mereka jika ada kesempatannya, karena mereka ingin terlihat sebagai orang yang memiliki kehidupan sempurna/hebat.

  • Terlalu menyalahkan diri sendiri bila sesuatu tidak berjalan sesuai dengan keinginannya

Seseorang yang Insecure menginginkan segala sesuatu di hidup mereka sempurna, seperti pasangan yang tampan/cantik, pekerjaan yang terbaik, ketika mereka gagal mendapatkan yang mereka inginkan, mereka akan kecewa dan menyalahkan diri sendiri.

  • Tidak percaya dengan orang lain

Orang yang insecure memiliki kecenderungan untuk berprasangka buruk kepada orang lain, Karena sifat mereka yang menganggap dunia penuh dengan manusia jahat, contohnya seperti ketidakpercayaan kepada pasangannya, lalu dia mengintip pesan di  hp pasangannya tanpa izin, Biasanya mereka tidak punya kepercayaan akan penampilan diri mereka, karena itu mereka berprasangka bahwa pasangan mereka akan berselingkuh dengan orang lain.

Kemungkinan penyebab-penyebab insecurity :

  • Kurangnya dukungan dari orang terdekat

Orang yang memiliki kecukupan dukungan emosional (emotional support) akan memiliki kemungkinan lebih kecil untuk menjadi insecure daripada seseorang yang didukung oleh orang terdekatnya, dikarenakan mereka yang tidak punya dukungan emosional yang cukup akan lebih mungkin untuk memiliki keraguan kepada diri mereka sendiri.

  •  Perfeksionisme yang tidak masuk akal

Kesempurnaan adalah hal yang bisa di kejar tapi tidak akan pernah sampai, karena tidak ada hal didunia ini yang murni sempurna, sifat insecurity dapat berasal dari sifat perfeksionisme yang berlebihan, seseorang yang insecure cenderung akan menghukum diri mereka sendiri jika mereka gagal memenuhi "standar" mereka.

  • Pengalaman/masa lalu yang buruk

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan