Mohon tunggu...
Husnul Khotimah
Husnul Khotimah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

saya menyukai konten hiburan dan perkembangan ekonomi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bagaimana Keselarasan Islam Mengenai Pancasila?

25 September 2022   16:20 Diperbarui: 25 September 2022   20:46 297 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber: portal-islam.id

Ideologi pancasila memliki nilai-nilai Pancasila yang sejalan dengan ajaran agama Islam. Selain mengatur tentang pelaksaan ibadah kepada Tuhan, melainkan merupakan bentuk pelaksaan hubungan kebajikan antara sesama makhluk juga kepada alam ciptaan Tuhan.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Indonesia sangat memiliki keberagaman di dalamnya. Indonesia memiliki keberagaman suku, ras, dan agama. Ada enam agama yang diakui oleh Indonesian salah satunya ialah Islam. Islam adalah agama mayoritas penduduk di Indonesia.

Sebagai agama yang mayoritas penduduk nya membuat kita semua yakin bahwa ajaran islam sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Dengan adanya Ideologi Pancasila semua warga negara dapat Bersatu dalam keberagaman dan perbedaan yang ada. Sila kelima dalam pancasila dan pasal 33 dalam UUD senafas dengan tuntunan islam.

Agama Islam memang mayoritas tetapi itu bukan menjadi penghalang agama lain untuk sama-sama mendapatkan keadilan di Indonesia ini. Islam mengjarkan untuk saling menghormati dan menghargai antar umat beragama. Agama Islam sangat menerima Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia yang beraneka ragam suku, agama, Bahasa dan budaya. Islam tak bertentangan dengan pancasila dan pancasila sesuai dengan ajaran islam, maka pancasila sudah sepatutnya diterima sebagai ideologi negara yang bisa mempersatukan di tengah perbedaan.

Undang-undang juga mengatur dan membahas penyoalan agama dalam Pasal 29 ayat 2 UUD 1945, yang menyatakan "Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing, dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya"

Orang-orang yang membahas dan menyoal tentang beribadah terutama agama Islam tetapi berkata mencintai NKRI berarti mereka tidak mengenal sejarah. Karena, orang islam sangat membantu dalam kemerdekaan dan kemajuan NKRI. Maka muslim yang benar akan mencintai negara nya dan tidak akan menghianati negara nya.

Pancasila memiliki hubungan karena selaras dengan ajaran agama Islam dan tercermin dalam kelima sila yang terkandung dalam Pancasila. Berikut penjelasan nya

  • Ketuhanan Yang Maha Esa

Menurut islam sila ini selaras dengan agama islam yaitu tauhid dan hablum min Allah. Indonesia bukanlah negara yang berdasarkan suatu agama dan bukan pula negara yang memisahkan agama dan negara. Dalam sila pertama menjelaskan tentang sebuah tauhid dan sebuah kepercayaan yang mengatur masyarakat untuk meyakini tuhan dan memeluk agamanya masing-masing dan beribadat menurut agama dan keyakinannya.

  • Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Menurut islam sila ini mencerminkan hablum min an-Nas atau hubungan sesama makhluk. Dalam sila ini berkaitan dengan ibadah sosial yang mencakup bidang kemasyarakatan dan saling menghormati satu sama lain.

Kita sebagai makhluk hidup harus saling menghormati dan menghargai hak-hak yang terdapat dalam pribadi manusia. Al-Qur'an dalam beberapa ayat menyebutkan dan selalu mengajarkan umatnya untuk selalu menghormati dan menghargai sesama diantaranya yang tercermin dalam surah al-maidah ayat 8-10 yang menjelaskan tentang perintah Allah untuk selalu berlaku adil karena bentuk keadilan akan dibutuhkan dalam segala hal menuju kententraman.

  • Persatuan Indonesia

Dalam sila ketiga ini memiliki persamaan arti dengan ukhuwah Islamiyah yaitu persatuan sesama muslim dan ukhuwah insaniyah yaitu persatuan sebagai sesama manusia. Jika kedua arti tersebut berjalan beriringan maka, akan tercipta suasana yang damai dalam persatuan. indonesia juga negara yang memiliki keberagaman suku, ras, agama, bahasa serta budaya. dengan adanya pancasila sebagai ideologi bangsa dan bhinneka tunggal ika sembagai semboyan bangsa indonesia menguatkan kita untuk bersikap toleransi terhadap sebuah perbedaan. 

  • Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan dan Perwakilan

Dalam sila keempat ini bermakna sebagai menyelesaikan masalah dengan bermusyawarah terutama Ketika berada dalam perbedaan pendapat. Hal ini dilakukan agar tidak terjadinya permasalahan baru yang muncul akibat perbedaan tersebut. Dalam hal ini juga harus di dasari dengan hikmat kebijaksanaan.

  • Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Dalam sila kelima ini menjelaskan untuk bersikap adil terhadap semua makhluk. Selain bersikap adil terhadap manusia kita juga harus bersikap adil kepada tumbuhan dan hewan. Karena hal itu sebagai bentuk adil kita terhadap semuanya.

Selain itu, perbedaan yang terjadi di Indonesia seperti perbedaan suku, ras, agama, gender yang harus membuat kita sebagai rakyat Indonesia harus menerapkan sikap toleransi kedalam diri. Hal ini yang akan menunjang kehidupan sehari-hari kita agar selalu beradab. Jangan jadikan sebuah perbedaan sebagai penghalang kita dalam bersosial. kita sebagai warga negara harus selalu menghargai hak-hak orang lain dan tidak mengambil hak orang lain menjadi milik kita.

Pacasila selaras dengan Islam dimana nilai-nilai dalam lima Pancasila juga terkandung di dalam Al-Qur'an. Oleh sebab itu, masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap upaya kelompok tertentu yang ingin membenturkan Pancasila dengan Islam. Pancasila dapat mewadahi dan mengayomi seluruh masyarakat Indonesia yang memiliki keragaman dalam berbagai hal. Pancasila merupakan hasil ijtihad ulama-ulama pendiri bangsa seperti K.H. Hasyim Ashari yang cukup besar menyumbangkan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 sebagai ideologi Pancasila dan UUD 45 sebagai ideologi Pancasila.

Dari kelima sila diatas dapat disimpulkan bahwa pancasila merupakan ajaran-ajaran islam dan tidak menentang satupun ajaran islam. jadi, tidak sepatutnya jika ada segolongan orang yang terus menentang sehingga mendebatkan keterkaitan agama islam dengan ideologi pancasila. 

Pancasila dan Islam bukanlah dua hal yang harus dipilih salah satu sambil membuang yang lainnya. Keduanya dapat berjalan dan saling mengukuhkan, tidak bertentangan dan tidak boleh dipertentangkan. Sebagai warga negara yang baik kita harus menghormati Pancasila sebagai ideologi negara. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan