Mohon tunggu...
Wisata

Taman Nasional Baluran, Situbondo. Bukan Hanya Africa Van Java, Tapi Juga Wisata Alam yang Sangat Lengkap

9 Mei 2016   01:04 Diperbarui: 9 Mei 2016   01:37 0 2 1 Mohon Tunggu...

Taman Nasional Baluran merupakan taman nasional paling timur dari Pulau Jawa. Taman Nasional Baluran berada di 7°55'17.76"S dan 114°23'15.27"E. Taman Nasional dengan julukan Africa Van Java ini, memiliki empat bagian zona. Yaitu, Zona Inti (12.000 Ha), Zona Rimba (5.537 Ha, dengan perairan = 1.063 Ha dan daratan = 4.574 Ha), Zona Pemanfaatan Intensif (800 Ha), Zona Pemanfaatan Khusus (5.780 Ha) dan Zona Rehabilitas (783 Ha).

Salah satu ciri khas dari taman nasional ini adalah Savana Bekol. Oleh karena itu, taman nasional ini mendapat julukan "Africa van Java". Dengan savana kekuningan, hewan berkeliaran bebas dan background Gunung Baluran, semakin menunjukkan bahwa Taman Nasional Baluran sangat mirip dan menyajikan suasana khas Afrika. Selain itu, juga terdapat beberapa ekosistem ain, seperti hutan hujan tropis, pantai, bawah laut, dan mangrove. Hal tersebut, semakin memberi kesan eksotisme pada taman nasional di ujung pulau jawa ini. Taman nasional ini, memiliki lambang banteng, yang merupakan ciri khas dari taman nasional ini.

Di dalam Taman Nasional Baluran terdapat beberapa perkampungan dengan penduduk sudah lumayan maju. Selain itu. Selain Pantai Bama yang terkenal di  Baluran, juga terdapat banyak pantai yang sangat indah di pedalaman Baluran, antara lain Pantai Lempuyang, Pantai Balanan, Pantai Sirondo, Pantai Bilik, Pantai Simacan dan lain sebagainya. 

Taman Nasional Baluran berjarak kurang lebih 25 KM dari pusat Kota Situbondo, dengan jarak tempuh kurang lebih 30 menit menggunakan mobil atau motor. Untuk menjangkau Baluran, anda cukup mengeendarai Bus jurusan Banyuwangi dan turun di pintu masuk TN. Baluran. Untuk tiket masuk dapat dilihat langsung di lobby TN. Baluran

Bagi anda yang memiliki hobi tracking, Baluran juga menyediakan tracking dengan jarak panjang dan menengah. Jarak panjang ditempuh dalam waktu 3 - 4 hari, dari ujung barat TN. Baluran (Karang tekok) sampai Savana Bekol. Untuk jarak menengah dapat ditempuh dengan waktu hanya beberapa jam, jalurnya dalah Savan Bekol hingga Pantai Bama. Untuk anda yang hobby fotografi, Baluran juga menyediakan eksotisme alam yang pantas di jepret oleh kamera bertele besar. Lokasi Baluran juga cocok  untuk fot pre-wedding. Semua orang yang ingin menikmati keindahan alam yang eksotis, cukup datang ke Taman Nasional Baluran, Kabupaten SItubondo Jawa Timur.