Mohon tunggu...
Kholil Rokhman
Kholil Rokhman Mohon Tunggu...

Berusaha menyelami sederhana. Suka yang berbau Timnas Sepak Bola Argentina.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Kualifikasi PD 2018, Kabarnya Nilai Chile Dikurangi Dua?

26 Juli 2017   22:43 Diperbarui: 26 Juli 2017   23:22 0 3 1 Mohon Tunggu...

Kabar berembus di Argentina jika nilai Chile di kualifikasi Piala Dunia 2018 akan dikurangi dua poin. Hal itu menyusul banding yang dilakukan Bolivia dikabulkan. Hal itu diungkapkan media Argentina, La Nacion. Hanya saja, benar atau tidak kabar ini akan terbukti dalam beberapa hari ke depan.

Sebelumnya, Chile mendapatkan tambahan dua poin setelah mereka dinyatakan menang atas Bolivia 3-0. Padahal, aslinya laga itu berakhir 0-0. Pemberian kemenangan pada Chile terjadi karena Bolivia dinilai menggunakan pemain terlarang, yakni pemain yang tak boleh main melawan Chile.

Pemain yang terlarang itu adalah Nelson Cabrera. Pasalnya, pemain ini sebelum bermain untuk Bolivia, pernah bermain untuk Paraguay. Karena itulah Bolivia dinilai kalah 0-3 dari Chile.

Namun belakangan, Bolivia banding atas putusan tersebut. Koran La Nacion menyebutkan bahwa mereka memiliki empat sumber kuat yang menyebutkan bahwa banding Bolivia di Pengadilan Arbitrase Olahraga dikabulkan. Jika benar banding Bolivia dikabulkan, maka nilai Chile akan berkurang dua.

Kini, Chile berada di posisi empat klasemen sementara kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan dengan 23 poin. Namun, jika nilai Chile dikurangi dua, maka mereka akan mendapatkan nilai 21.

Maka, sekali lagi jika kabar ini benar, akan jadi kabar yang membahagiakan bagi Argentina. Sebab, Argentina yang memiliki 22 poin akan naik ke posisi empat klasemen sementara.

Jorge Sampaoli seperti diberitakan mundoalbiceleste langsung berkomentar atas kabar itu. "Jika benar bahwa keputusannya seperti itu maka tentu kami akan menyambutnya," kata pelatih Argentina tersebut.

Berimbas ke Tim Lain

Jika banding Bolivia memang dikabulkan maka bukan hanya berimbas pada Argentina dan Chile saja. Namun juga berimbas pada Bolivia dan Peru. Sekadar diketahui, Peru diberi kemenangan 3-0 atas Bolivia, padahal aslinya laga itu dimenangkan Bolivia 2-0.

Kasus pemberian kemenangan pada Peru persis seperti kasus Chile. Saat melawan Peru, Bolivia memainkan Nelson Cabrera. Maka, jika banding Bolivia memang benar dikabulkan, maka nilai Peru akan berkurang tiga. Peru akan anjlok di posisi 8 dengan 15 poin. (*)